16 November 2021, 09:11 WIB

Perkuat Keamanan Siber, Ajaib Jalin Kolaborasi dengan Polri


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

KEAMANAN siber, termasuk perlindungan data menjadi aspek penting dalam akselerasi ekonomi digital dan transformasi digital di Indonesia. Untuk memperkuat aspek tersebut, platform investasi online, Ajaib menjalin kolaborasi dengan Polri lewat pertemuan Direktur Utama Ajaib Anderson Sumarli dan Komisaris Utama Ajaib Andi Gani Nena Wea dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Pertemuan juga dihadiri Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Agus Andrianto, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Ferdy Sambi, Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi b Polri Irjen Slamet Uliandi, dan pejabat Polri lainnya. 

Kolaborasi tersebut terjalin antara Ajaib dengan Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri dengan tujuan untuk pemanfaatan teknologi dengan baik dan meningkatkan keamanan siber di Indonesia. 

Dengan teknologi yang dimiliki, Ajaib diharapkan bisa membagikan keahlian dan pengalamannya agar dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan siber. Mulai dari cyber hygiene yaitu membangun kebiasaan untuk menjaga keamanan data pribadi masing-masing dan melindungi diri dari tindakan kejahatan siber, sampai pengaplikasian teknologi keamanannya. 

Baca juga : Perusahaan ini Masuk Metaverse Companies to Watch in 2022

"Selama beberapa tahun terakhir, tingkat pemanfaatan teknologi informasi komunikasi semakin tinggi. Dengan meningkatnya konsumsi digital di berbagai sektor, terutama sektor keuangan, mengharuskan pemerintah, pihak keamanan serta para pelaku usaha untuk menyadari pentingnya keamanan data dan cyber security," kata Anderson dalam keterangannya. 

Anderson menegaskan, semua pihak didorong untuk menciptakan penyelenggaraan sistem elektronik yang aman, andal dan terpercaya. Selain itu untuk memajukan dan menumbuhkan ekonomi digital, para pelaku usaha dituntut untuk meningkatkan daya saing dan inovasi siber serta membangun kesadaran dan kepekaan terhadap ketahanan dan keamanan nasional dalam ruang siber.

"Untuk itu kolaborasi antara Polri dan Ajaib diharapkan dapat menjadi langkah penting dalam kemajuan teknologi keamanan siber di Indonesia kedepannya," pungkasnya. (RO/OL-7) 

 

BERITA TERKAIT