06 November 2021, 10:00 WIB

Ini Pengertian Literasi Digital dan Pentingnya bagi Pelajar


Anggi Putri Lestari | Teknologi

SALAH satu komponen dalam lingkungan belajar dan akademis adalah literasi digital. Literasi digital diperlukan dalam penggunaan teknologi.

Baca juga: Menkominfo: Pusat Data Nasional Topang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital berkaitan dengan kemampuan penggunanya. Kemampuan untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif.

Pengertian Literasi Digital

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari buku Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021) karya Devri Suherdi, literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.

Adapun dari Seri Buku Literasi Digital Kerangka Literasi Digital Indonesia, literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengkomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Manfaat Literasi Digital

Dilansir dari Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19 (2020) karya Eti Sumiati dan Wijonarko, literasi digital telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. 

Manfaat tersebut di antaranya: 

  • Kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu.
  • Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi. 
  • Menambah penguasaan ‘kosa kata’ individu, dari berbagai informasi yang dibaca.                                                                 
  • Meningkatkan kemampuan verbal individu. 
  • Literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu.
  • Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi. (OL-1)
BERITA TERKAIT