16 October 2021, 16:29 WIB

Komisi I DPR Dukung Kemenkominfo soal Merger Indosat-Tri


Mediaindonesia.com | Teknologi

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menargetkan seluruh wilayah Indonesia terjangkau internet pada 2024. Program bertajuk Indonesia Merdeka Sinyal 2024 itu butuh dukungan seluruh provider telekomunikasi di Tanah Air.

Hal itu mengingat masih ada keluhan masyarakat terkait dengan jangkauan internet di seluruh wilayah Nusantara dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh (PJJ) yang selama masa pandemi diberlakukan untuk meminimalisasi penularan covid-19. Selain di luar Jawa, beberapa wilayah Jawa juga masih terjadi blank spot terutama di kawasan rural dan perdesaan.

"Kami berharap apapun yang bisa mendukung perluasan jaringan internet, baik dengan merger antara Indosat dengan Hutchinson 3, saya rasa terserah. Perusahaan atau provider apapun kalau mau merger, asal itu bisa makin memperluas jangkauan ke seluruh pelosok area di Indonesia, saya rasa tidak ada masalah," kata anggota Komisi I DPR Kresna Dewanata Phrosakh saat dihubungi di Jakarta.

Anggota DPR Daerah Pemilihan Jawa Timur V itu merespons positif pernyataan Menkominfo terkait merger Indosat dan Hutchinson 3. Johnny mengatakan penggabungan dua perusahaan merupakan terobosan untuk mempercepat transformasi digital.

"Kalau Menkominfo menyatakan hal itu, pasti beberapa kajian sudah dilakukan. Kami berharap yang dinyatakan benar-benar dapat terjadi. Kami pasti mendukung langkah Menkominfo asal hal tersebut bisa memberi dampak yang baik bagi masyarakat," ujar Kresna.

Menurut dia, tujuan akhir dari perluasan jaringan internet yaitu dampak positif bagi masyarakat. Jangan sampai kegiatan bisnis itu malah menguntungkan sebagian golongan (perusahaan).

Kresna juga berharap merger perusahaan telekomunikasi benar-benar dipantau Kemenkominfo, khususnya memastikan dampaknya untuk kepentingan nasional. "Kepentingan nasional kita harus bisa dipertahankan dan harus bisa mendapat benefit yang luar biasa. Jadi Merdeka Sinyal 2024 tetapi sekali lagi kepentingan nasional ada di atas segala-galanya. Jangan sampai terkait dengan ini justru negara lain yang mendapat manfaat," kata Kresna.

Baca juga: Tunggu Evaluasi, Indosat dan H3I Tak Bisa Langsung Gabungkan Frekuensi

Sebelumnya, Menkominfo menyambut baik merger antara Indosat dan Hutchinson 3. Johnny mengatakan hal itu sebagai terobosan untuk efisiensi industri telekomunikasi dan percepatan transformasi digital. "Kami menyambut baik konsolidasi industri telekomunikasi secara khusus telekomunikasi selular. Ini tentu kabar baik. Suatu terobosan untuk efisiensi industri telekomunikasi serta percepatan transformasi digital Indonesia," kata Johnny. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT