21 September 2021, 13:04 WIB

Gandeng Fortnite, Balenciaga Hadirkan Koleksi di Dunia Virtual dan Nyata


Basuki Eka Purnama | Teknologi

MEREK fesyen Balenciaga berkolaborasi dengan pengembang gim video Fortnite, Epic Games, untuk menghadirkankoleksi produk mode di dunia virtual dan nyata.

Pemain Fortnite tidak hanya dapat memilih pakaian dan aksesoris Balenciaga baru, tetapi juga dapat memasuki toko Balenciaga di dalam gim tersebut.

Pengguna yang melakukan pembelian dan bermain dalam tampilan Balenciaga baru juga dapat mengirimkan foto karakter untuk dimasukkan ke papan iklan virtual di alun-alun kota Fortnite.

Baca juga: Gim Seluler dan tanpa Paket Data Kian Digandrungi

Di Times Square yang sebenarnya, manusia nyata dapat menemukan papan iklan karakter Doggo, karakter terpopuler di gim video Fortnite, dan melakukan perjalanan ke toko Balenciaga di Madison Avenue, tempat mereka akan dapat berbelanja koleksi produk Fortnite dan Balenciaga yang lengkap.

Selain mengenakan merek Balenciaga di dalam gim, Doggo akan membintangi video billboard tiga dimensi di seluruh dunia dengan mengenakan hoodie dan jeans Balenciaga X Fortnite dan kacamata hitam khas merek.

Tiga karakter Fortnite populer lainnya juga tampil dalam balutan mode Balenciaga di dalam gim. Karakter Banshee mengenakan bodysuit bergaris harimau, Ramirez mengenakan atasan berpayet dan celana jeans compang-camping, serta Knight memakai sepatu bot baja Balenciaga dengan hoodie dan celana pendek.

Ini bukan pertama kalinya Balenciaga dan Epic Games bekerja sama. Afterworld, gim video  yang dirancang untuk menghadirkan koleksi musim gugur 2021 Balenciaga, dibuat menggunakan Unreal Engine Epic.

"Dari sana, kami terus terinspirasi oleh kreativitas komunitas Unreal dan Fortnite. Sangat masuk akal bagi saya bahwa kami berkolaborasi lebih jauh dengan menciptakan tampilan Balenciaga otentik ini untuk Fortnite dan seri pakaian Fortnite fisik baru untuk toko kami," kata direktur kreatif Balenciaga Gvasalia dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip dari Vogue, Selasa (21/9).

Mendorong mode ke dimensi baru merupakan misi Gvasalia sejak meluncurkan koleksi pertamanya di Balenciaga. Dengan dunia virtual yang sepenuhnya terwujud dalam gim Fortnite, Gvasalia melakukan apa yang belum pernah dilakukan oleh perancang busana lain sebelumnya, yakni menjelajahi metaverse.

Kemitraan ini memiliki manfaat yang baik untuk kedua belah pihak. Pada satu sisi, Balenciaga akan bertemu audiens baru dari pemain Fortnite, sementara di sisi lain Fortnite akan masuk ke dalam dunia mode yang prestisius.

Kolaborasi Balenciaga X Fortnite bukan hanya tentang memasarkan setiap merek ke demografi baru, tetapi juga tentang membangun bahasa kreativitas bersama yang baru.

"Ini bukan hanya tentang pakaiannya. Ini adalah ekspresi diri  tertinggi," kata kepala merek Epic Games Phil Rampulla kepada Vogue. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT