13 September 2021, 20:20 WIB

KONI Luncurkan aplikasi Sportbloc untuk PON Papua


mediaindonesia.com | Teknologi

PRESIDEN Joko Widodo berpesan agar pembinaan olahraga prestasi dibangun secara sistematis dan berkelanjutan dari hulu hingga hilir pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 Tahun 2021 tanggal 9 September 2021.

“Prestasi tidak muncul begitu saja, prestasi dihasilkan dari sebuah proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan,” pesannya. “Kita harus fokus bekerja untuk mencetak talenta-talenta hebat di bidang olahraga agar lahir atlet unggul berprestasi,” tambah Presiden Joko Widodo.

Tak butuh waktu lama untuk melaksanakan arahan Presiden Jokowi, pada hari yang sama, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat meluncurkan jawaban atas arahan Presiden. Hal tersebut dilakukan mengingat peran KONI sebagai organisasi yang bertugas melaksanakan pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi.

KONI Pusat meluncurkan aplikasi Sportbloc, sebuah aplikasi ekosistem olahraga. Berbagai fitur akan menjadi keunggulan dari aplikasi tersebut seperti berita olahraga, Event, Ticketing, Booking Venue, Streaming, E-Commerce dan Video.
Siapapun dapat menggunakan aplikasi Sportbloc dari mana saja. Harapannya, pembinaan olahraga sejak di hulu hingga hilir sudah terpantau baik dengan konten pada aplikasi tersebut.

“Dengan hadirnya Sportbloc, pengelolaan olahraga semakin terbuka, orang bisa lihat apa yang dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia beserta jajarannya,” terang Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman,  Senin (13/9).

Harapan tersebut disambut baik oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S. Depari. Ia yakin, aplikasi Sportbloc akan meningkatkan kualitas pembinaan olahraga berkat keterbukaannya. “Dengan teknologi ini, KONI bisa mudah melakukan talent scouting,” terang Atal dalam konferensi pers peluncuran.

Rencananya, Sportbloc akan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 yang sebentar lagi akan dimulai.

Di sisi lain, adanya aplikasi tersebut juga berkaitan dengan industri olahraga. Dikabarkan bahwa sudah sekitar 250 UMKM olahraga yang tergabung dengan Sportbloc.

“Bicara olahraga, kita harus bersinergi untuk saling memperkuat ekosistem olahraga Indonesia. Saya berharap aplikasi kali ini menjadi wadah bagi berbagai karya anak bangsa, baik yang sebelumnya sudah ada dan juga akan lahir,” pesan Ketua Umum KONI Pusat.

Sebagai contoh, KONI Pusat sebelumnya telah memiliki KONI TV untuk streaming dan juga Gerakita.com untuk berita. Melalui Sportbloc, mulai dari berita, program hingga karya dapat diwadahi guna memperkuat ekosistem industri olahraga.

“Kami sadar bahwa pemain digital dari luar negeri sudah mengincar dunia olahraga untuk masuk pasar Indonesia yang potensinya sangat besar.

Sportbloc lahir 100% hasil karya anak bangsa sebagai platform yang dapat berkolaborasi dengan seluruh pihak dalam ekosistem olahraga, Industri Olahraga, Wisata Olahraga dan lainnya di Indonesia untuk kepentingan Merah Putih. Bangsa kita punya kemampuan untuk itu,” terang CEO Sportbloc, Ndang Mawardi.

“Fitur Sportbloc ini mengkonekkan seluruh stakeholders industri olahraga termasuk masyarakat  pencinta olahraga, atlet, pemerintah, event, pertandingan, venue, brand, merchant melalui kegiatan offline dan aplikasi online berbasis teknologi informasi,” lanjut CTO Sportbloc, Didit Adipratama. Tentunya kelahiran aplikasi yang masih dikembangkan tersebut membawa harapan pada Haornas ke-38. (OL-13)

BERITA TERKAIT