13 September 2021, 18:11 WIB

Nikon Hadirkan Line Up Kamera Terbaru dari Jajaran Mirrorless Z Series


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

NIKON Indonesia resmi memperkenalkan kamera terbaru dari deretan kamera mirrorless Z series, Nikon Z fc. Kamera Nikon Mirrorless Z fc adalah kamera compact mirrorless dengan sensor DX-format yang elegan dan ringkas. Dengan menggabungkan desain ikonik, warisan desain kamera analog Nikon FM2 yang memiliki tampilan klasik dengan teknologi terbaru. 

Kamera itu diklaim sebagai kamera yang cocok untuk anak muda dalam mengekspresikan kepribadian dalam memvisualisaikan keunikan dan juga menampilkan karakter serta ciri khas di setiap sudut perjalanan hidup. Dari menangkap momen yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari seperti momen-momen sentimental, interaksi dengan sahabat dan keluarga. 

Managing Director Nikon Singapore Horie Masahiro mengatakan, kehadiran Nikon Z fc melengkapi sejarah kamera ikonik Nikon tersebut. Menurutnya, Nikon Z fc cocok untuk pecinta fotografi yang selalu mengabadikan momen di kehidupan, bak profesional atau hanya untuk dipamerkan di media sosial. 

"Baik para pengusaha muda, fotografer pemula atau penggemar media sosial dan juga untuk para pengguna yang ingin menampilkan gaya kepribadian mereka, yang membuat hidup mereka lebih berwarna-warni dengan desain kamera kontemporer yang cocok dengan kepribadian dan gaya hidup mereka," kata Masahiro. 

Direktur PT. Alta Nikindo Larry Handra mengatakan, fotografi jaman sekarang tidak hanya didominasi oleh para fotografer profesional, tapi sudah berubah menjadi suatu kebutuhan dan gaya hidup bagi anak-anak muda pencinta fotografi. Kehadiran kamera Nikon Z fc tidak hanya tampilan yang klasik dan unik tapi juga dilengkapi dengan teknologi dan kualitas kamera yang sangat canggih. 

"Hal ini menjadi suatu kabar gembira bagi para pencinta fotografi di Indonesia, dengan harga yang bersahabat, kamera Nikon Z fc menjadi sahabat terbaik yang dapat diandalkan” kata Larry Handra. 

Nikon Z fc mengambil inspirasi dari Nikon FM2 SLR klasik, yang menggabungkan nuansa vintage tahun 80-an dengan mekanisme modern yang sangat handal dan tahan banting. Menonjolkan kecanggihan dalam keahlian, dapat dirasakan dari keseluruhan kamera ini, yang bahan kulit bertekstur hitamnya yang mewah dan badan kamera silver-matte. 

Menampilkan keindahan abadi dari beberapa elemen desain yang diwarisi, dari ukiran "Nikon", dial kontrol klasik dan tombol rana (shutter) dan eyepiece melingkar. Pengguna yang ingin mengekspresikan diri dengan warna dapat melakukannya beberapa pilihan warna dan bahan tekstur kulit yang dapat disesuaikan untuk bodi kamera,

Nikon Z fc dilengkapi dengan kontrol intuitif dan taktil yang memungkinkan pengguna untuk merasakan dan menangkap momen dengan sekejap. Dilengkapi dengan tombol dial khusus untuk ISO, kecepatan rana dan kompensasi pencahayaan, pengguna memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan diri dengan pengaturan yang mereka inginkan dengan mudah untuk mencapai kualitas pengalaman terbaik ketika menggali berbagai jenis fotografi. 

Pengguna akan dapat mencapai rendering yang jelas dan tajam dari gambar bertekstur yang diambil dan, momen ikonik dimungkinkan dengan kemampuan sensitivitas ISO kamera hingga 51200. Dengan memanfaatkan potensi sepenuhnya, pengguna akan dapat mengoptimalkan Vibration Reduction (VR) optik bawaannya dengan NIKKOR Z DX 16-50mm f / 3.5-6.3 VR untuk kualitas gambar tinggi.

Baca juga : Audra HomeShield Lindungi Anak dari Konten Negatif di Internet

Selain itu, kamera itu menawarkan kemampuan video lebih dari sekadar pengambilan video sederhana sehari-hari, dengan kemampuan UHD 4K-nya menggunakan lebar sensor gambar berbasis DX penuh dan pengaturan slow-motion film dengan berbagai dimensi gambar dan frame rate.

Nikon Z fc memungkinkan pengguna untuk menangkap setiap detail dengan monitor layar LCD TFT vari-angle yang bersifat touch-operational, dan AF-F (FULL-TIME AF) yang melacak subjek bahkan ketika mengambil potret diri. Dalam transisi mulus beralih secara otomatis ke mode potret diri ketika monitor diputar ke depan, pengguna dapat menjelajahi sudut yang berbeda untuk mengekspresikan diri di kedua stills dan film. 

Selain itu, ketika dinyalakan, kamera kompak berbobot 390 gam itu juga mendukung pengiriman daya USB dan pengisian USB.

Untuk pertama kalinya dalam kamera Nikon seri Z, Nikon Z fc mendukung kompensasi pencahayaan selama mode AUTO yang memungkinkan pengguna untuk mencapai ekspresi yang mereka inginkan seperti dengan meningkatkan brightness saat memaksimalkan foto siluet. 

Dengan lebih dari 20 efek Creative Picture Control, pengguna juga mendapatkan lebih banyak ruang untuk ekspresi tanpa batas untuk menciptakan gambar yang mencerminkan estetika atau suasana hati mereka, hanya dengan pratinjau cepat melalui jendela bidik tampilan dan pra-set favorit yang dapat dengan mudah diterapkan. 

Menangkap emosi yang paling nyata dan real-time dalam sekejap dengan AF Deteksi Mata dan AF Deteksi Mata Hewan, mengunci subjek yang bergerak dan memberikan citra yang tepat dan berkualitas tinggi yang benar-benar membawa semua emosi saat yang indah itu untuk hidup. Tidak terbatas hanya pada stills, fitur ini juga berlaku selama perekaman film.

Nikon Z fc memberikan peningkatan kemudahan penggunaan dan kenyamanan dengan versi terbaru SnapBridge (ver. 2.8). Pengguna akan dapat menggunakan kemampuan mirroring layar ponsel untuk pemotretan jarak jauh tanpa melewatkan momen. User intrerface terbaru mendukung pengguna menggunakan dua mode koneksi otomatis, mode latar depan yang terhubung dengan kamera hanya ketika aplikasi diaktifkan, mengurangi konsumsi baterai kamera; atau mode latar belakang yang memiliki koneksi konstan, memungkinkan transfer gambar otomatis bahkan ketika aplikasi tidak diaktifkan. 

Kamera itu juga kompatibel dengan Webcam Utility bagi pengguna untuk sampai ke tingkat berikutnya saat live-streaming, menawarkan kejernihan gambar yang luar biasa dan kedalaman dimensi yang menakjubkan.

Pengguna akan dimanjakan dengan pilihan NIKKOR Z DX 16-50mm f/3.5-6.3 VR dalam varian silver baru, atau dengan NIKKOR Z 28mm f/2.8 (SE) edisi khusus, yang melengkapi pilihan lensa kit. Kompak dan ringan untuk dibawa kemanapun, NIKKOR Z DX 16-50mm f/3.5-6.3 VR adalah lensa zoom standar yang memberikan resolusi tinggi di seluruh rentang lensa zoom, untuk digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari foto pemandangan dan snapshot hingga potret produk dengan settingan studio. NIKKOR Z 28mm f/2.8 (SE) adalah lensa prime yang menampilkan desain warisan yang terinspirasi oleh lensa NIKKOR klasik, ideal untuk fotografi potrait dan still-life, terutama bagi pengguna yang menyukai bokeh natural dan halus yang merupakan keunikan lensa prime .

Untuk informasi lebih lanjut tentang kamera Nikon Z fc dan produk Nikon lainnya, bisa mengunjungi Nikon Experience Hub, di Grand Indonesia lantai 3A East Mall, Jakarta Pusat dan beberapa dealer-dealer resmi kamera Nikon yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk yang tesedia saat ini adalah kamera Nikon Z fc klasik dengan warna hitam silver dan akan segera tesedia 6 pilihan warna kamera Nikon Z fc di akhir 2021. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT