13 August 2021, 23:00 WIB

Ini Daftar Website yang Bisa Perbaiki Foto Blur Secara Otomatis Tanpa Aplikasi 


M. Ilham Ramadhan Avisena | Teknologi

FOTO menjadi salah satu cara untuk mengabadikan momen. Namun tak jarang hasil jepretan kamera itu tidak fokus atau blur. Foto blur itu terjadi karena beberapa alasan, salah satunya karena pengambilan gambar tidak maskimal.

Masalah blur pada foto tersebut nyatanya dapat diatasi dengan berbagai cara. Media Indonesia merangkum beberapa cara untuk memperbaiki foto blur tanpa menggunakan aplikasi tertentu. 

Pertama, perbaiki foto blur melalui http://waifu2x.udp.jp/. Saat memasuki laman, akan tersedia kolom untuk memasukkan gambar atau foto yang ingin diperbaiki dengan klik Pilih File. 

Sebaiknya pastikan terlebih dulu berapa besar ukuran foto yang ingin diperbaiki. Sebab, pada Waifu2x, hanya foto dengan ukuran maksimal 8MB atau 3840x3840 PX yang dapat diproses. Setelah memastikan ukuran foto dan mendapatkan foto yang ingin diperbaiki, lalu pilih resolusi yang diinginkan. 

Setelahnya, klik angka 2X pada kolom Scale, dan ceklis kotak kosong “Saya Bukan Robot” sebagai langkah verifikasi. Setelahnya, klik kolom Waifu2x. Nantinya foto akan terunduh dan tersimpan di perangkat. 

Baca juga : Bidik Generasi Z, Oppo Sediakan Fitur Portrait Beautification Video

Cara kedua, yaitu melalui Bigjpg.com. Caranya cukup mudah, setelah masuk ke laman, klik Select Files berwarna hijau dan cari foto blur yang ingin diperbaiki. Foto yang dapat diperbaiki pada laman ini hanya bisa dilakukan untuk foto dengan ukuran maksimal 10MB atau dengan resolusi 3000 X 3000 PX.

Cara ketiga yaitu melalui laman Upsacalepics di upscalepics.com. Prosesnya serupa dengan dua web sebelumnya. Saat masuk ke laman, klik file foto yang ingin diperbaiki. Foto yang ingin diperbaiki pada web ini sebaiknya tidak memiliki resolusi lebih dari 1500 X 1500 PX. 

Setelah mendapatkan foto yang ingin diperbaiki, tarik ke kolom yang tersedia dan klik Click to Start Processing hingga muncul Loading. 

Setelahnya, tunggu proses perbaikan foto dan saat selesai akan muncul ikon panah ke bawah atau logo unduh. Saat itu, klik dan proses perbaikan foto selesai. (OL-7)

BERITA TERKAIT