05 August 2021, 21:30 WIB

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus Pengirim


Fetry Wuryasti | Teknologi

SERINGKALI Anda mendapat pesan Whatsapp yang belum sempat terbaca atau bahkan sempat dibaca dan kemudian dihapus oleh pengirimnya, tanpa jelas penyebabnya. Memang mengesalkan, namun ada ada untuk memulihkan atau memunculkan pesan Whatsapp yang telah dihapus.

Dilansir dari beberapa sumber, Anda tidak perlu lagi panik bila pesan terhapus. Pertama adalah dengan mengecek kotak mencadangkan pesan.

Salah satu fitur Whatsapp yang bisa digunakan oleh pengguna adalah mencadangkan isi percakapan yang akan disimpan pada memori ponsel atau Google Drive. Fitur tersebut dapat digunakan untuk melihat pesan yang telah terhapus. Beriku sejumlah cara untuk mencadangkan percakapan WhatsApp.

1. Cara Pertama, buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda. Lalu, buka menu Setting atau Setelan. Kemudian pilih opsi menu Chat > Cadangan Chat. Terakhir, klik opsi Cadangan ke Google Drive dan klik opsi waktu percakapan Anda ingin dicadangkan.

Anda dapat memilih pencadangan secara otomatis untuk memudahkan proses ini. Selain itu, Anda juga bisa memilih pencadangan video yang terdapat di bawah menu Cadangan Chat. Kemudian untuk menghemat kuota internet, Anda dapat memilih pencadangan menggunakan WIFI. Ini cara termudah agar rekam jejak obrolan Anda tidak terhapus.

2. Cara umum kedua, yaitu dengan Ekspor Chat. Fitur ini mungkin jarang dipakai oleh pengguna WhatsApp karena riwayat pesan tersaji dalam format.txt.

Padahal, fitur ini dapat digunakan untuk mengembalikan pesan percakapan yang telah dihapus. Namun, fitur ini harus dilakukan beberapa kali karena ekspor chat hanya dapat dilakukan untuk satu riwayat pengguna.

Caranya, buka menu setting > chat > riwayat chat. Lalu pilih menu Ekspor Chat dan pilih kontak yang ingin dicadangkan pesannya oleh Anda. Klik opsi sertakan media apabila ingin file atau dokumen juga tercadangkan. Setelah itu, WhatsApp akan menawarkan pencadangan melalui google drive atau email. Terakhir, cek kembali google drive atau email yang digunakan untuk pencadangan.

Baca juga: WhatsApp Perkenallkan Fitur Baru untuk Panggilan Grup

3. Cara yang agak ekstrem namun bisa mengembalikan pesan yaitu melakukan uninstall dan instal kembali aplikasi WhatsApp. Caranya klik dan tahan ikon WhatsApp yang terdapat di menu ponsel. Lalu pilih opsi hapus instalasi.. Kemudian buka Play Store dan unduh kembali aplikasi WhatsApp. Ketika Anda akan melakukan login akun, WhatsApp akan memberikan opsi Restore. Pilih opsi tersebut untuk mengembalikan seluruh percakapan Anda.

4. Bila tiga cara tersebut belum juga memuaskan, Anda bisa menggunakan aplikasi Nova untuk mengembalikan seluruh pesan Whatsapp. Namun, untuk mengembalikan pesan yang telah dihapus menggunakan aplikasi ini memiliki batasan waktu yang kurang dari 68 menit.

Unduh aplikasi Nova pada ponsel Anda. Buka aplikasi tersebut dan pilih menu Pengaturan lalu ketuk pada Notification Log. Langkah tersebut akan membuat pintasan Notification Log pada layar beranda Anda.

Selanjutnya, Anda bisa melihat isi pesan yang dihapus melalui pintasan tersebut.

Baca juga: WhatsApp Segera Punya Fitur Pesan Hilang Otomatis

5. Lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi Notification History Log atau Recent Notification. Unduh aplikasi tersebut secara gratis melalui Google Play Store pada ponsel Anda. Setelah terunduh, pengguna bisa memilih opsi Notification History dan mencari notifikasi WhatsApp. Pesan yang telah terhapus dapat dibaca kembali di bawah android text.

6. Menggunakan aplikasi WhatsRemoved+

Unduh aplikasi tersebut secara gratis Google Play Store Anda lalu terima semua syarat dan ketentuannya. Pilih aplikasi apa saja yang bole diakses oleh aplikasi tersebut. Kemudian pilih aplikasi WhatsApp dan pilih Next. Tunggu beberapa saat dan Anda akan masuk dalam menu WhatsRemoved+. Aktifkan pengaturan dan Anda bisa melihat pesan yang telah terhapus. (OL-4)

BERITA TERKAIT