31 July 2021, 00:01 WIB

Aplikasi Ini Sediakan Fitur untuk Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

PEMBATASAN kegiatan masyarakat yang terus diupayakan pemerintah membuat harus tetap produktif dari rumah. Selagi banyak beraktivitas di rumah, tak ada salahnya mencoba hal baru untuk mengembangkan bakat bahkan mencari hobi baru. 

Di Helo, media sosial terintegrasi untuk hiburan dan informasi terkini, pengguna dapat menambahkan minat untuk menggali potensi diri. 

Country Head of Operations, Helo Indonesia. Indira Melik mengungkapkan, salah satunya ialah dengan mencoba menjadi kreator konten. Menurutnya, media sosial membuka peluang bagi siapa saja untuk menjadi kreator konten yang memproduksi konten bersifat menghibur atau edukatif ke target audiens yang telah disesuaikan. 

"Bagi kamu yang memiliki kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi yang baik, kamu bisa mencoba hal baru dengan menjadi kreator konten. Kamu bisa memulainya dengan mengunggah informasi atau konten yang orisinal, informatif, dan menarik tentang sesuatu yang kamu sukai. Di sini kemampuan storytelling kamu juga diasah," kata Indira dalam keterangannya.

Selain mengunggah konten yang informatif untuk pengguna, sebagai kreator konten di Helo juga penting untuk terus memperbaharui pikiran dengan informasi terkini dan mengikuti tren setiap harinya. Cara paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan memantau topik-topik populer dan viral di kalangan masyarakat sebagai ide kontenmu.

Dalam aplikasi Helo, jelas Indira,  terdapat fitur Tren Helo memudahkan kamu untuk bisa menelusuri berita viral dalam berbagai format mulai dari tulisan, audio, dan video hanya dalam satu aplikasi. 

"Kategori dan contohnya pun beragam mulai dari sosial dengan #PengalamanKuMelawanCovid, pengguna saling berbagi pengalaman dan memberikan semangat melawan Covid-19, olahraga dengan #LaLigaSantander, pengguna dapat melihat informasi terkini dan berdiskusi seputar sepak bola Spanyol, hingga hiburan dengan #HeloNgartis, tagar yang memungkinkan kamu untuk terus update dengan projek terbaru figur publik lokal. Tren Helo menyajikan 20 daftar trending topic yang dekat denganmu secara otomatis terbaharui dalam 10 menit setiap harinya," tutur Indira.

Di sisi lain, aplikasi Helo juga bisa memberikan  inspirasi, berbagi bakat, dan bahkan mengekspresikan kreativitas mulai dari kategori kuliner, komedi, hiburan, olahraga, sampai game di Helo.

Baca juga : Aplikasi Myfitsociety Hadirkan Rangkaian Fitur Kesehatan Mental

"Untuk kamu yang memiliki minat pada bahasa daerah atau budaya lokal, misalnya. Kamu dapat mengeksplor tagar #IniBahasaDaerahku pada aplikasi Helo sebagai medium untuk belajar dan menemukan teman yang memiliki minat yang sama. Kamu bisa mengekspresikan diri dan berkomunikasi dalam bahasa daerah sendiri untuk menginspirasi pengguna lain," ucap Indira.

Selain itu, bagi yang memiliki ketertarikan atau kemampuan dalam bidang musik, Helo memungkinkan kamu untuk bisa berkarya di #MusikKreasiAnakBangsa. Pengguna bisa belajar dan mencari inspirasi mulai dari cover lagu, teknik olah vokal, hingga bermain instrumen musik yang beragam dari pengguna lain. 

Helo juga menyediakan sarana interkoneksi dengan jaringan yang luas lewat rangkaian dskusi seputar minat atau tren tertentu dengan mudah secara virtual. Helo dapat menghubungkan pengguna dengan orang yang memiliki minat yang sama dalam satu diskusi komunitas.

Diskusi komunitas secara online dapat menambah wawasan dan menambah teman baru. Helo membuka kebebasan berekspresi bagi pengguna untuk berbagi pandangan pada pengguna lain yang tentunya sesuai dengan panduan komunitas. 

Dengan bertemunya orang yang memiliki minat yang sama, maka akan terjadi diskusi yang seru dan bermanfaat satu sama lain. Helo memungkinkan terciptanya ruang diskusi yang menyenangkan bagi kamu untuk belajar melalui konten tulisan, suara, video, bahkan humor (meme) yang menghibur.

Tak hanya menambah ilmu dan teman baru, pengguna Helo juga bisa terus mengikuti perkembangan terbaru mengenai vaksinasi Covid-19 Indonesia melalui ruang diskusi seperti pada #YukVaksinCovid.

"Helo adalah tempat yang menyenangkan bagi siapapun untuk mengembangkan potensi diri. Pengguna dapat terus up-to-date dengan fitur-fitur yang memberikan kemudahan akses topik yang sedang trending dan minat yang bisa dipersonalisasi. Kami menempatkan diri sebagai platform digital yang menyediakan pilihan bagi pengguna untuk mengeksplorasi, menemukan, dan mendiskusikan topik atau minat baru dengan kategori lokal yang beragam untuk masyarakat Indonesia," kata Indira Melik. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT