26 July 2021, 01:20 WIB

Ini Rekomendasi Pembelajaran Aplikasi Gratis 2021


Cahya Mulyana | Teknologi

INDUSTRI 4.0 mendorong inovasi berbasis media digital. Banyak aplikasi yang ditawarkan dari gawai yang menggunakan sistem operasi android maupun lainnya.

Pemilik gawai dapat menambahkan aplikasi sesuai keinginan, termasuk yang belum disediakan oleh penyedia layanan sistem operasi. Untuk menambahkan aplikasi ke gawai yang berbasis android, misalnya, bisa dengan mudah membuatnya.

Caranya, unduh Java Development Kit (JDK), perangkat lunak yang bersifat development environment berbasis Java. Langkah berikutnya klik dua kali untuk proses instal dan lanjutkan hingga tuntas.

Tahap kedua, unduh dan instal android studio. Setelah itu dalam kotak dialog klik not import settings. Kemudian pilih tema studio android. Ceklis android virtual device jika kamu ingin menginstal emulator android di PC. Tentukan RAM yang akan dipakai oleh emulator.

Klik finish hingga android studio mengunduh file-file yang dibutuhkan. Tahap berikutnya instal Android Software Development Kit (SDK) kemudian centang pada OS Android yang ingin diinstal SDK-nya.

Setelah itu, create new project di android studio dan pilih start a new android studio project. Isikan nama aplikasinya dan pilih lokasi penyimpanan project android studionya.

Pilih minimum operasi di android yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasimu. Pilih empty activity dan beri nama activity yang akan dibuat lalu klik finish.

Berikutnya, tampilan environment android studio. Cukup focus pada main activity dan activity_main.xml. Untuk melihat tampilan android lewat membuka file activity_main.xml.

Kemudian cara menjalankan aplikasi android dengan klik tombol play berwarna hijau dan pilih tempat yang akan menjalankan aplikasi androidnya. Lalu pergi ke developer options di menu settings android, aktifkan opsi USB debugging, tancapkan smartphone ke komputer via kabel USB.

Jika muncul peringatan di android mengenai perizinan USB debugging, klik allow, install driver smartphone android di komputer, kembali ke android studio, device android akan muncul di dialog tadi di bagian connected devices.

Baca juga: Catat, Ini Rekomendasi 16 Aplikasi Pembelajaran Online Gratis

Klik device android lalu klik OK, tunggu hingga proses compiling selesai dan aplikasi android akan berjalan di smartphone. Android studio sangat user-friendly. Dengan kesungguhan dan mau belajar kamu pasti bisa menguasainya dengan baik meskipun tidak mahir coding. (OL-14)

BERITA TERKAIT