05 July 2021, 19:46 WIB

Pemerintah Tetapkan HET Obat, Blibli Lakukan Pengawasan Berlapis di Platformnya


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

MERESPONS kebijakan pemerintah dalam penetapan harga eceran tertinggi (HET) obat di masa pandemi Covid-19 lewat Keputusan Menteri Kesehatan nomor No. HK.01.07/MENKES/4826/2021, platform e-commerce, Blibli telah menerapkan dan memperketat pengawasan terhadap produk-produk farmasi yang dijual di platformnya.

Executive Vice President of Consumer Goods Blibli Fransisca K Nugraha mengatakan, pihaknya bahkan akan menindak tegas siapapun yang terbukti melanggar dan tidak sesuai dengan aturan yang disebutkan dalam Keputusan Menkes tentang HET; dalam bentuk penurunan konten dan hal lain sesuai dengan aturan yang ditetapkan;

"Sebagai e-commerce lokal, Blibli selalu siap dalam mendukung kebijakan pemerintah serta menjaga kualitas produk yang diterima oleh pelanggan. Obat-obatan menjadi produk yang sangat penting saat ini. Karena itu, kami berikan perhatian lebih kuat lagiuntuk kurasi produk obat-obatan yang hadir di Blibli," kata Fransisca dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, Blibli telah menerapkan proses verifikasi berlapis dan bertanggung jawab dalam alur proses pembelian obat-obatan resep dokter, dengan mewajibkan pembeli untuk menyertakan resep dokter resmi; Blibli juga memastikan mitra yang berjualan obat obatan di platform Blibli merupakan pihak yang memiliki izin resmi untuk menjual obat-obatan khususnya obat dengan resep dokter; 

Baca juga : 3Dolphins SRM Dukung Bisnis Hadirkan Customer Experience Baik

Lebih lanjut, Blibli kembali mengingatkan mitra dan berbagai pihak untuk mematuhi dan menjalankan aturan yang berlaku; serta Akan terus mengawasi dengan memastikan kebijakan internal terkait penjualan produk-produk obat-obatan khususnya dengan resep dokter diterapkan.

"Langkah-langkah ini kami ambil dengan terus memastikan implementasinya diterapkan tidak hanya oleh Blibli namun seluruh mitra terkait untuk mendukung Pemerintah dalam mengendalikan dan menghentikan penyebaran covid-19 di Indonesia," ujar Fransisca.

Selain mematuhi semua peraturan yang berlaku, Blibli juga mengingatkan seluruh pihak untuk menjalankan protokol kesehatan, yaitu menjalankan praktik 5M antara lain memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi fisik. 

Sebagai bagian dari Customer Satisfaction First, Blibli menyediakan layanan Customer Care selama 24 jam setiap hari agar pelanggan bisa bertanya langsung pada Blibli. Pelanggan pun bisa mengakses Customer Care dengan mudah melalui berbagai kanal, termasuk telepon, chat, email, media sosial dan WhatsApp. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT