11 May 2021, 18:30 WIB

Ini 10 Cara Perbaiki Keyboard Laptop yang Rusak


Faustinus Nua | Teknologi

KEYBOARD merupakan salah satu komponen laptop yang cukup rawan mengalami kerusakan. Contohnya, tombol yang salah memasukkan karakter, tidak berfungsi sebagian, hingga tidak berfungsi seluruhnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, tidak perlu terburu-buru membeli keyboard baru seperti keyboard USB. Kita perlu mencoba memperbaikinya terlebih dahulu.

Biasanya untuk memperbaiki keyboard yang rusak, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya, yakni tersiram air, terkena debu, atau lainnya. Namun sayangnya terkadang keyboard laptop sering error secara tiba-tiba tanpa diketahui secara pasti penyebabnya.

Jika sudah begitu, secara otomatis kita harus mencoba beberapa langkah perbaikan darurat sambil memperkirakan penyebab kerusakannya tersebut. Nah, berikut beberapa langkah perbaikan darurat tersebut yang bisa kita lakukan di rumah sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat servis.

1. Restart Laptop

Me-restart laptop merupakan langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum melakukan tindakan lain. Me-restart laptop dapat memperbaiki ratusan masalah pada sistem operasi secara langsung. Jika tidak bisa di-restart, kita dapat menekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop tersebut mati. Jika setelah di-restrat masalah masih ada, silakan coba langkah-langkah berikutnya.

2. Periksa Num Lock

Keyboard yang tidak berfungsi dengan baik terkadang secara tidak disengaja disebabkan oleh kita sendiri. Salah satu yang paling umum terjadi yakni aktifnya Num Lock akibat kita menekan kombinasi tombol tertentu. Ketika Num Lock aktif, karakter yang keluar biasanya berbeda dengan tombol yang ditekan.

Untuk mematikan Num Lock tersebut, silahkan tekan tombol Fn dan NumLk di keyboard secara bersamaan. Untuk beberapa jenis laptop, menekan Caps Lock dan NumLk juga dapat mematikannya. Silakan hubungi customer support dari produsen laptop untuk mengetahui cara mematikan Num Lock jika kedua kombinasi di atas tidak berfungsi.

3. Masalah Driver

Masalah pada driver juga dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan baik. Menurut PCMag, hal tersebut biasanya terjadi ketika kita menginstal software pihak ketiga, terkena virus, dan lainnya. Untuk mengeceknya, silakan buka Device Manager kemudian lihatlah bagian keyboard.

Jika di sana terdapat tanda segitiga berwarna kuning, dipastikan driver keyboard tersebut mengalami masalah. Silakan download driver terbarunya di situs produsen laptop. Cara ini juga dapat kita lakukan jika keyboard tidak terdeteksi oleh laptop.

4. Lakukan System Restore

Jika yakin bahwa keyboard tidak berfungsi dengan baik setelah menginstal suatu program, cobalah untuk melakukan system restore. Caranya untuk Windows 8 dan Windows 7, buka Start Menu kemudian search Recovery. Sedangkan untuk Windows XP klik Start lalu All Programs lalu Accessories lalu System Tools lalu System Restore.

Dengan melakukan system restore, laptop akan kembali pada keadaan sebelum menginstal program bermasalah tersebut. Berbagai program yang diinstal setelah menginstal program bermasalah tersebut akan secara otomatis hilang. Oleh karena itu, back up terlebih dahulu berbagai data yang penting sebelum melakukannya.

5. Bersihkan Debu dan Kotoran

Salah satu penyebab yang paling sering menyebabkan kerusakan pada laptop yaitu debu dan kotoran. Debu dan kotoran biasanya terselip di antara tombol keyboard sehingga akan menutupi komponen di dalamnya. Semakin tua laptop biasanya semakin banyak pula kotorannya.

Cara termudah untuk membersihkannya yakni dengan memiringkan atau membalikkan laptop hingga 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. Kita juga dapat menggunakan pembersih khusus untuk keyboard yang biasanya berupa vakum kecil untuk menyingkirkan debu.

Jika keyboard laptop tidak berfungsi karena tersiram air, kita harus membersihkan bagian dalamnya. Copotlah tombol-tombolnya dan kemudian bersihkan papan sirkuitnya dengan menggunakan kain halus atau cotton buds yang telah diberi sedikit alkohol.

Melepaskan tombol-tombol pada keyboard memang cukup sulit dan membutuhkan keahlian tertentu. Jika belum menguasainya, lebih baik untuk tidak melakukannya karena bisa jadi malah akan menambah kerusakan pada keyboard laptop tersebut.

6. Lepas Baterai Laptop

Apabila terdapat beberapa tombol di keyboard laptop yang tidak berfungsi, cobalah untuk melakukan reset. Dengan cara ini biasanya keyboard yang tidak berfungsi akan kembali normal seperti sedia kala. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Shut down laptop.

b. Lepaskan baterai dan kabel adapter, lalu diamkan selama 1 menit.

c. Tekan dan tahan tombol power selama 60 detik.

d. Masukkan kembali baterai.

e. Hidupkan kembali laptop.

7. Konektor Terlepas

Masalah keyboard yang tidak terdeteksi biasanya dapat diatasi dengan menginstal driver. Namun jika keyboard masih belum terdeteksi, kemungkinan besar terdapat masalah pada konektornya, seperti rusak, tertekuk, renggang, atau bahkan bisa sampai terlepas.

Untuk membetulkannya, kita perlu membuka keyboard untuk menghubungkan kembali konektornya. Silakan buka video tutorial yang banyak tersebar di YouTube untuk mengetahui cara membuka laptop. Namun jika tidak berani, jangan melakukannya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

8. Mengganti Keyboard Bawaan

Jika konektor keyboard di laptop terhubung tetapi masih bermasalah, cara memperbaikinya ialah mengganti keyboard bawaan laptop tersebut. Cara ini juga bisa menjadi solusi terbaik untuk permasalahan beberapa tuts keyboard yang tidak berjalan dengan baik.

Untuk mengganti keyboard bawaan, kita bisa mencari keyboard di toko online dengan menuliskan tipe laptop tersebut. Misalnya, punya laptop ASUS X411MA dan beberapa tuts keyboard di laptop tersebut rusak, kita cukup mencari di toko online dengan kata kunci Keyboard ASUS X411MA.

Setelah itu, kita tinggal beli dan jika sudah silakan pasang sendiri dengan membuka laptop tersebut. Jika tidak berani dan tidak mau ambil resiko, kita bisa mencari jasa pergantian keyboard laptop ke tempat service tertentu. Tentu jika masih dalam masa garansi, sebenarnya bisa mengklaim garansi pergantian keyboard laptop ke produsen.

9. Gunakan Keyboard USB atau Wireless

Jika semua cara memperbaiki keyboard laptop di atas sudah dicoba tapi tidak berhasil, kita harus membawanya ke tempat servis. Jika masih dalam masa garansi, biasanya kita tidak akan dikenakan biaya perbaikan. Namun jika garansinya sudah hangus, kita harus membayar biaya servis atau biaya penggantian unit keyboard baru.

Nah, jika merasa harga servis laptop terlalu mahal, dapat menggunakan keyboard USB untuk sementara waktu. Keyboard eksternal USB ini dapat digunakan secara langsung hanya dengan menghubungkannya ke port USB. Harganya juga cukup murah pada kisaran Rp50.000.

Jika kurang sreg dengan keyboard USB, kita juga dapat menggunakan keyboard wireless. Keyboard wireless berfungsi dengan menggunakan jaringan Bluetooth sehingga lebih praktis dan tidak terlalu banyak memakan tempat.

 

10. Gunakan On-Screen Keyboard

Bila tidak sempat membeli keyboard USB, tetapi benar-benar sangat membutuhkan keyboard untuk mengetik, cobalah untuk menggunakan on-screen keyboard. Untuk menggunakannya bukalah Start > Program > Accessories > Accessibility, kemudian pilih On-Screen Keyboard.

On-Screen Keyboard berfungsi layaknya keyboard biasa. Akan tetapi, kita harus mengoperasikannya dengan menggunakan mouse atau touchpad. Cukup merepotkan memang, tetapi sangat berguna jika membutuhkannya dalam kondisi terdesak.

 

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keyboard pada notebook yang rusak. Cara memperbaiki keyboard laptop di atas hanyalah sebagian dari banyak cara yang bisa dicoba tergantung dari merek laptop yang dimiliki. Silakan hubungi service center jika keyboard laptop sudah benar-benar tidak bisa diperbaiki. Selamat mencoba! (OL-14)

BERITA TERKAIT