10 May 2021, 06:00 WIB

10 Aplikasi Edit Video Gratis untuk Smartphone


Atikah Ishmah Winahyu | Teknologi

KEHADIRAN media sosial di tengah masyarakat membuat para penggunanya berlomba-lomba menciptakan konten menarik agar populer dan disukai banyak orang.

Salah satu konten yang cukup digemari masyarakat saat ini adalah video dilengkapi dengan efek dan latar musik yang asik.

Perkembangan teknologi pun memungkinkan masyarakat untuk mengedit dan memproduksi videonya melalui ponsel pintar.

Berikut ini adalah 10 aplikasi edit video terbaik untuk smartphone Android dan iPhone yang memungkinkanmu memiliki studio produksi dalam genggaman.

Baca juga: Ini Deretan Gim Google Doodle Terpopuler

Berikut ini adalah 10 aplikasi edit video terbaik untuk smartphone Android dan iPhone:

1. Quik

Quik merupakan aplikasi edit video dari GoPro yang dapat digunakan di iPhone, iPad maupun Android.

Aplikasi gratis ini memungkinkan pengguna menambahkan transisi dan efek ke maksimal 200 foto dan klip video dari folder foto atau GoPro Plus.

Pengguna tidak hanya dapat memangkas, memperbesar dan memutar foto serta klip video, tetapi juga dapat memilih 26 tema berbeda dengN berbagai font, filter, dan grafik.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat video HD 1080p atau 720p dalam format bioskop, persegi, atau potret untuk diunggah di media sosial.

2. Adobe Premiere Clip

Adobe Premiere Clip merupakan aplikasi edit video yang menawarkan banyak fitur yang rapi.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat video dengan cepat, baik dengan fungsi pengeditan otomatis atau fitur pengeditan khusus yang lebih canggih.

Kamu bisa menyesuaikan video dengan irama soundtrack yang kamu pilih dan menambahkan semua sentuhan akhir, seperti judul dan transisi.

Premier Clip terintegrasi dengan produk Adobe lainnya seperti Premier Pro, Lightroom dan Capture CC. Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan di iPhone, iPad, maupun Andoid.

3. WeVideo

WeVideo merupakan aplikasi edit video yang memberikan kendali penuh atas semua elemen kreatif, seperti teks, transmisi, dan efek gerakan dalam genggaman.

Pengguna juga dapat berkreasi dengan efek khusus layar hijau dasar.

Aplikasi gratis ini dapat digunakan di iPhone, iPad, Android hingga Windows.

4. KineMaster

Meski dikatakan bahwa aplikasi ini dibuat bagi para profesional, tetapi KineMaster cukup mudah untuk digunakan semua orang.

KineMaster menyajikan pengeditan granular bingkai demi bingkai, pratinjau instan prarender dan dukungan hingga empat trek audio serta klip audio tak terbatas.

Aplikasi ini juga memungkinkan hingga dua lapisan video yang dapat dianimasikan menggunakan efek prasetel atau animasi bingkai utama, pengomposisian kunci kroma, penyesuaian warna yang tepat, dan kontrol kecepatan dari 0,25x hingga 1,5x tanpa distorsi nada audio.

Aplikasi ini dapat dinikmati secara gratis di iPhone, iPad, dan Android.

5. PowerDirector

PowerDirector adalah salah satu aplikasi edit video gratis untuk Android dan Windows.

Aplikasi ini menawarkan sejumlah efek video, pengeditan FX dengan kontrol seret dan lepas yang intuitif, latar belakang layar hijau dan biru yang dapat diedit dengan kunci chroma, pengeditan gerakan lambat, video vertikal khusus untuk seluler, dan semua alat transisi serta pemangkasan yang umum.

Baca juga: Studio Edit Video dalam Segenggam Ponsel

6. PicPlayPost

PicPlayPost memungkinkan pengguna menambahkan hingga 365 media untuk membuat video berdurasi 30 menit yang dapat dibagikan dalam kualitas 1080p.

Pengembangnya, Mixcord memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang diinginkan produsen konten dengan menawarkan opsi personalisasi yang berlimpah, termasuk tanda air khusus dan logo bermerek, serta rasio bingkai 9:16 untuk Story Instagram.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis di iPhone, iPad, Android dan Windows.

7. VivaVideo

VivaVideo adalah salah satu dari aplikasi pengeditan video yang memungkinkan pengguna menggabungkan video dengan beberapa ketukan pada ponsel.

Aplikasi gratis ini mencakup ratusan efek khusus, stiker, filter, klip animasi, dan subtitle untuk mengubah sebuah klip video menjadi konten yang dapat dibagikan.

VivaVideo memiliki fitur kontrol gerak lambat/cepat, sembilan opsi lensa khusus, perpustakaan musik latar, dan berbagai templat kolase.

Terlebih lagi, kamu dapat membagikan video di jaringan VivaVideo yang terdiri dari lebih dari 200 juta pengguna untuk memamerkan kontenmu.

8. Videoshop

Videoshop adalah aplikasi edit video lainnya yang mengemas sejumlah fitur menarik.

Pengguna dapat melakukan semua pemangkasan klip biasa, menambahkan teks, transisi, dan memberikan efek suara, serta mengintegrasikan lagu dari perpustakaan musik pengguna.

Selain itu ada beberapa tambahan kecil yang unik misalnya, Videoshop memungkinkanmu mengutak-atik pemutaran video.

Kamu bisa mempercepatnya, memperlambatnya, membuat animasi stop-motion, dan bahkan memutarnya secara terbalik. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis di iPhone, iPad dan Android.

9. Magisto

Magisto merupakan editor video yang ideal digunakan saat bepergian.

Aplikasi gratis ini menyediakan banyak teknik pengeditan video seperti stabilisasi, pengenalan wajah, filter dan efek, serta pemotongan otomatis agar pengguna membuat video yang menarik.

Magisto dapat dinikmati oleh pengguna iPhone, iPad dan Android.

10. FilmoraGo

FilmoraGo menawarkan spektrum luas alat pengeditan yang biasa digunakan di desktop, termasuk putar balik, transisi klasik, pemangkasan dan pemotongan, pengeditan gerakan lambat atau cepat, sulih suara, pencampuran audio, gambar dalam gambar (PIP) hingga penyetelan warna.

USP utama FilmoraGo adalah rangkaian tema template, yang dirancang untuk mengubah video menjadi film bergaya.

FilmoraGo juga memungkinkan pengguna menambahkan musik dari pustaka lisensinya dan judul yang sangat dapat disesuaikan. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis di iPhone dan Android.

Inilah 10 aplikasi edit video gratis yang dapat digunakan di smartphone. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu dan selamat mencoba! (OL-6)

Baca juga: Inilah Rekomendasi Aplikasi untuk Edit Foto dan Video

BERITA TERKAIT