16 February 2021, 13:40 WIB

Aplikasi Infina Perluas Jaringan Pasar UMKM


mediaindonesia.com | Teknologi

SEBAGAI salah satu platform baru di Indonesia yang khusus menghubungkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan nano atau micro influencer melalui jejaring media sosial seperti aplikasi Twitter, Instagram, dan Tik Tok, Infina yang berdiri sejak 17 Agustus 2020 sukses mendapatkan kepercayaan di kalangan UMKM dan para influencer.

Tercatat setidaknya pada medio awal 2021 ini, Infina sudah diikuti oleh sekitar 900-an pelaku UMKM di seluruh Indonesia, mulai dari pesisir utara Sumatra hingga timur Indonesia.

Selain itu, tercatat juga setidaknya ada 8.000-an influencer jenis nano dan mikro yang bergabung dengan Infina. Sebuah angka yang terbilang fantastis untuk sebuah platform digital yang baru berusia kurang dari satu tahun.
Kehadiran Infina berawal dari visi misi Oktora Irahadi, CEO & founder dari platform digital ini.

"Di negara dengan penduduk lebih dari 273 juta jiwa, dengan iklim investasi yang terseok karena pandemi Covid-19, saya berfikir dengan latar belakang saya di bidang digital marketing, bisa berkontribusi memberi support kepada UKM yang tumbuh subur di Indonesia dengan cara menghubungkan para influencer yang tentunya membutuhkan celah pemasukan, dari situ lahirlah Infina," ujar Tora, sapaan Oktora dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/2)

Merayakan penetrasi INFINA di bulan ke-6 perjalanannya, di hari kasih sayang, tepatnya 14 Februari 2021, Infina secara resmi meluncurkan aplikasinya yang dapat diunduh melalui playstore di smartphone Android.

"Setelah perjuangan selama enam bulan mengembangkan aplikasi INFINA agar dapat menjangkau lebih banyak UKM dan influencer, kini INFINA tampil lebih ringkas,mudah diakses, dengan pengembangan fitur yang sangat membantu para UMKM dan influencer yang tidak punya laptop atau kesulitan membuka di web browser smartphone," ucap Richky.

Seperti websitenya, Infina versi android juga masih memuat beberapa channel penting dari Infina di halaman mukanya, seperti pendaftaran untuk UMKM, influencer, hingga Services dan Advertise. Selain itu, beberapa banner juga dimunculkan di User Interface (UI).

Aplikasi Infina juga memudahkan penggunanya dalam memantau apa saja iklan yang ditawarkan dan melihat semua events atau campaign yang berjalan. Diharapkan aplikasi ini nantinya akan semakin banyak mengakomodasi kebutuhan para influencer dan UMKM untuk berkembang lebih baik lagi dan bisa diakses kapan saja dengan mudah tanpa harus membuka laptop atau PC.

Peluncuran Aplikasi ini didukung oleh sederet nama, mulai dari pemilik UMKM, influencer sampai public figure seperti Cinta Laura Khiel dan Julian Jacob, yang memberi dukungan bagi karya anak bangsa yang berkontribusi bagi UMKM dan influencer, yang akan disiarkan secara daring, serentak melalui beberapa platform Infina sekaligus seperti Instagaram, Facebook, Tiktok dan Youtube selama beberapa jam tanpa jeda pada Minggu, 14 Februari 2021, pukul 12.00 Wib.

Infina sebagai platform digital diharapkan mampu menolong masyarakat Indonesia, khususnya pengusaha UMKM dan influencer untuk bertahan di situasi tidak menyenangkan karena pandemi Covid-19. (OL-13)

BERITA TERKAIT