10 February 2021, 21:18 WIB

Menyusul UEA, Pesawat Ruang Angkasa Tiongkok Sampai di Mars


Mediaindonesia.com | Teknologi

TIONGKOK telah berhasil mencapai Mars. Menurut laporan media setempat, misi Mars pertama Negeri Tirau Bambu itu, Tianwen-1, tiba di orbit Planet Merah pada Rabu (10/2).

Pencapaian itu menjadikan Tiongkok sebagai negera keenam yang melakukan penyelidikan ke Mars. Ia bergabung dengan Amerika Serikat, Uni Soviet, Badan Antariksa Eropa, India, dan Uni Emirat Arab dengan Hope yang berhasil mencapai Planet Merah pada Selasa (9/2).

Pendaratan Tianwen-1 di dataran besar di belahan utara Mars yang disebut Utopia Planitia diperkirakan akan berlangsung pada Mei nanti. Space.com mencatat Tiongkok biasanya tidak mempublikasikan detail misi antariksa sebelumnya, sehingga tidak tahu kepastian waktu pendaratan itu akan dilakukan.

Tiongkok mengambil langkah pertama ke Mars pada November 2011 dengan pesawat pengorbit bernama Yinghuo-1 yang diluncurkan dengan misi pengembalian sampel Phobos-Grunt Rusia. Tapi Phobos-Grunt tidak pernah berhasil keluar dari orbit Bumi. Yinghuo-1 jatuh dan terbakar dengan wahana Rusia dan bawaan lainnya, Living Interplanetary Flight Experiment dari Planetary Society.

Tianwen-1 yang berarti mempertanyakan surga menjadi langkah maju yang besar daripada Yinghuo-1. Sebagai permulaan, misi saat ini sepenuhnya dipimpin oleh Tiongkok. Pesawat dikembangkan oleh China National Space Administration dengan beberapa kolaborasi internasional dan diluncurkan di atas roket Long March 5 miliknya juga pada 23 Juli 2020. (OL-14)

BERITA TERKAIT