27 January 2021, 08:49 WIB

Youtube Shorts Siap Saingi Tiktok


Basuki Eka Purnama | Teknologi

YOUTUBE Shorts, yang menghadirkan video pendek seperti Tiktok, sukses meraih 3,5 miliar view dalam sehari selama masa pengujian beta di India.

Kepala Youtube Susan Wojcikci mengatakan Youtube Shorts merupakan salah satu prioritasnya untuk 2021.

"Sejauh ini, fitur terbaru kami, Shorts--yang membantu orang di dunia menonton video pendek di Youtube--sukses meraih 3,5 miliar view per hari," ungkap Wojcikci.

"Kami tidak sabar memperkenalkan Shorts ke pasar yang lebih luas pada tahun ini," lanjutnya.

Baca juga: Twitter Luncurkan Program Cek Fakta Birdwatch

Youtube, anak perusahaan Google, memperkenalkan Shorts pada pertengahan September lalu, dan menyebut layanan itu memberikan cara baru mengekspresikan diri selama 15 detik atau kurang.

Fitur yang terintegrasikan dalam interface Youtube, saat ini, hanya tersedia di India sebagai bagian dari pengembangannya.

Format baru itu dipandang sebagai cara Google untuk bersaing dengan Tiktok, yang menjadi favorit Gen Z. Saat ini Tiktok memiliki 700 juta pengguna di dunia.

Sebelumnya, Instagram menanggapi popularitas Tioktok dengan merilis format video pendek yang bernama Reels pada Agustus lalu.

Pada November, Snapchat merilis Spotlight.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan melaran Tiktok di 'Negeri Paman Sam' itu setelah menudingnya, tanpa bukti, digunakan pemerintah Tiongkok untuk melakukan aksi spionase. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT