13 January 2021, 22:25 WIB

SURGE Siap Bantu Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

PRESIDEN Joko Widodo meminta proses transformasi digital di Indonesia bisa dipercepat dalam 2-3 tahun mendatang. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai pemegang kendali transformasi digital di Indonesia perlu menggandeng banyak pihak untuk menjamin akselerasi ekonomi digital RI berjalan mulus.

“ini merupakan sebuah peluang bagi SURGE yang bisnisnya erat dengan media telekomunikasi dan informasi, justru dengan dipercepatnya transformasi digital ini membuat SURGE menjadi semakin optimistis untuk berkontribusi," kata Direktur Utama SURGE Hermansjah Haryono dalam keterangan tertulisnya.

Proses akselerasi ekonomi digital di Indonesia disinyalir akan melibatkan teknologi  interaksi holografik, proses operasi jarak jauh, dan internet of things (IoT) untuk kota pintar (smart city) 

Baca juga : Pengguna Telegram dan Signal Melonjak Usai Kebijakan Baru WhatsApp

Beberapa kawasan industri dan area publik dengan lalu lintas tinggi juga dimungkinkan mengadopsi 5G. Jaringan 5G akan menjadi game changer dengan dampak yang luas pada konektivitas di Nusantara. Teknologi ini juga dinilai menjadi tulang punggung transformasi digital dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi. 

Direktur Teknologi SURGE Ricky Ananda mengatakan, proyeksi teknologi itu merupakan kesempatan emas bagi SURGE karena konsep bisnis SURGE sangat mendukung proses transformasi digital dengan mengkombinasikan Free Wi-Fi (akes internet nirkabel gratis) dengan iklan sehingga memberikan akses internet kepada masyarakat luas yang handal dan terjangkau.

“Disamping itu, Surge akan memiliki jaringan fiber optic berkapasitas besar di sepanjang jalur rel kereta milik PT Kereta Api Indonesia di Pulau Jawa mulai pertengahan tahun 2021 ini sehingga dapat membantu proses fiberisasi bagi operator-operator telekomunikasi dengan penerapan teknologi 5G-nya," katanya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT