13 January 2021, 22:22 WIB

Samsung Hadirkan Penyedot Debu Robotik Pintar


Mediaindonesia.com | Teknologi

PAMERAN teknologi dan gawai, Consumer Electronics Show (CES), di Las Vegas, AS, akhirnya digelar secara online (daring) pada 2021. Ini karena masih ada kekhawatiran terhadap penyebaran virus korona.

Salah satu peserta CES 2021 yang berlangsung pada 11-14 Januari ialah Samsung Electronics Co Ltd. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan inovasi terbaru yang dapat membantu mengotomatisasikan tugas rumah tangga sehari-hari. Inovasi itu yakni JetBot 90 AI+ baru menghadirkan teknologi pintar yang mengoptimalkan rute pembersihan dan intuitif merespons lingkungan sekitarnya.

JetBot 90 AI+ merupakan penyedot debu robotik pintar pertama di dunia yang ditenagai oleh Intel AI. Alat ini diklaim mampu menciptakan lantai bersih luar biasa dengan usaha minimal.

Menggunakan kombinasi sensor dan teknologi pengenalan objek yang ditingkatkan AI (artificial intelligence), JetBot 90 AI+ menavigasi rumah pengguna dengan efisiensi dan kepedulian setingkat si pemilik rumah. Sensor LiDAR--serupa dengan yang dipakai pada mobil self-driving--mendeteksi jarak dan melacak lokasi untuk pergerakan yang presisi.

Sensor 3D mengenali perbedaan antara beberapa objek seperti mainan dan kaki kursi, mendeteksi bahkan objek kecil di lantai, dan mengidentifikasi bentuk ruangan untuk mampu bergerak di dalamnya. Algoritme pengenalan objek memungkinkannya untuk mengidentifikasi semua jenis objek dan memetakan rute yang paling aman dan paling efisien.

"JetBot 90 AI+ kemudian menggunakan informasi ini untuk membersihkan sedekat mungkin dengan benda-benda yang telah ada di lantai sambil dengan pintar menjaga jarak aman dari benda-benda rapuh atau mudah rusak dan memiliki kemampuan untuk mengatur posisi naik turun secara otomatis untuk masuk ke bawah furnitur saat diperlukan," ujar John Herrington, Senior Vice President, General Manager of Home Appliances, dalam keterangan resminya. Ketika ada benda yang diklasifikasikan sebagai benda berbahaya atau punya kemungkinan menyebabkan kontaminasi sekunder, JetBot 90 AI+ akan menghindari objek tersebut.

Saat membersihkan lantai, digital inverter motor canggih JetBot 90 AI+ memaksimalkan daya isap 30W dari sistem Jet Cyclone untuk memerangkap debu dari udara dan kotoran dari lantai. Sikat pembersih otomatis pada JetBot 90 AI+ memiliki serat halus yang terbuat dari tekstil tenunan lembut, menyedot debu dari lantai keras, dan mampu menjangkau celah-celah.

Setelah selesai membersihkan, JetBot 90 AI+ secara otomatis kembali pada clean station atau sistem pembuangan khas Samsung. Di clean station, JetBot 90 AI+ akan mengosongkan kotoran, debu, dan rambut yang telah ia kumpulkan ke dalam kantong yang hanya perlu diganti setiap dua hingga tiga bulan sekali.

Dengan kemampuan terhubung ke smartphone melalui aplikasi Samsung SmartThings, kemampuan pembersihan unggul JetBot 90 AI+ benar-benar ada di tangan pengguna. Kontrol JetBot 90 AI+ untuk bekerja dari mana saja seperti atur jadwal pembersihan, setel zona terlarang di rumah, bahkan pengguna dapat memeriksa tangkapan kameranya untuk mengawasi rumah dan memperhatikan hewan peliharaan saat pengguna tidak di rumah. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT