22 December 2020, 18:34 WIB

Inilah Spesifikasi Lengkap Apple iPhone XR Terbaru


mediaindonesia.com | Teknologi

Sebagai salah satu produsen gadget ternama di dunia, Apple memang tidak henti meluncurkan berbagai macam perangkat terbarunya. Banyak di antaranya masih sangat digemari walaupun sudah diluncurkan beberapa tahun yang lalu.

Salah satu contohnya adalah iPhone XR. iPhone tersebut merupakan besutan Apple yang diluncurkan pada tanggal 12 September 2018. Kehadiran perangkat smartphone ini sontak disambut dengan penuh antusiasme oleh para penggemar iPhone di seluruh dunia.

Hadir dengan kisaran harga Rp16 juta, tentunya Anda memiliki ekspektasi yang cukup tinggi untuk perangkat smartphone ini. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari iPhone XR beserta dengan kelebihan dan kekurangannya.

Apple iPhone XR Terbaru

1. Tampilan Body dan Layar iPhone XR

Salah satu hal yang paling menarik perhatian dari seri iPhone XR ini adalah dari segi body nya. Smartphone ini mengusung warna-warna yang sangat ceria. Untuk bobot, smartphone ini memiliki berat sekitar 194 gram dengan ketebalan seberat 8.3 mm. Bodi yang cukup besar membuat smartphone ini terasa mantap di genggaman.

Tak hanya itu, iPhone XR juga memiliki spesifikasi layar yang cukup mumpuni. Perangkat smartphone ini dibekali dengan layar IPS LCD tipe Liquid Retina seluas 6.1 inch. Walaupun memiliki ukuran layar yang lebih kecil dari seri sebelumnya, resolusi dari smartphone ini tidak terkalahkan. Tampilan resolusi yang ditawarkan oleh layar smartphone ini adalah 828 x 1792. Resolusi tersebut cukup memuaskan untuk mengakomodasi kebutuhan Anda.

2. Dapur Pacu

Dari segi performa, iPhone XR cukup menuai banyak pujian. Apple menyematkan tipe prosesor terbarunya di kala itu, yaitu Apple A12 Bionic. Untuk mendukung kinerja prosesor tersebut, iPhone ini juga dibekali dengan tipe kartu grafis berjenis Apple GPU yang mampu bekerja optimal berkat dukungan 4-core graphicsnya.

Selain itu, Apple juga mengusung iOS 12, yang dapat Anda upgrade ke versi iOS 14.2. Dengan demikian, Anda dapat menikmati berbagai macam fitur terbaru yang dimiliki smartphone tersebut.

3. Kapasitas Memori

Dari segi memori penyimpanan, iPhone XR terbukti cukup bisa diandalkan. Perangkat smartphone ini mengusung kapasitas RAM seluas 3 GB. Kapasitas RAM tersebut tentunya dapat membantu meningkatkan performa pengolahan data saat Anda membuka berbagai aplikasi.

Selain itu, smartphone ini juga mengusung kapasitas memori internal yang cukup luas. iPhone XR hadir dengan pilihan memori internal seluas 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. iPhone ini tidak memiliki slot untuk memori eksternal. Sehingga, pastikan Anda memilih seri iPhone XR dengan pilihan memori internal yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Sektor Kamera

Apple memang selalu hadir dengan spesifikasi kamera yang mumpuni. iPhone XR pun bukan sebuah pengecualian. Perangkat smartphone ini mengusung lensa kamera sebesar 12 MP yang disematkan pada bagian belakang. Sedangkan, pada bagian depan, smartphone ini dibekali dengan lensa kamera selfie seluas 7 MP. Lensa tersebut diperkuat dengan sensor SL 3D.

5. Kapasitas Baterai

Dari segi baterai, iPhone XR mengusung kapasitas baterai yang cukup mumpuni. Perangkat iPhone dari Apple ini memiliki baterai sebesar 2942 mAh. Untuk ukuran smartphone iPhone, ukuran baterai tersebut cukup besar.

Selain itu, iPhone ini juga dilengkapi dengan fitur Fast Charging berdaya output 15W dan Qi Wireless Charging. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan pengisian daya dalam waktu yang singkat.

Kelebihan iPhone XR

Walaupun dirilis pada 2018, iPhone XR tetap mendapatkan tempat spesial bagi para penggemar iPhone. Smartphone ini memang memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu seri iPhone terbaik.

Berikut adalah ulasan keunggulan yang dimiliki oleh iPhone XR.

1. Tampilan Body yang Elegan dan Layar yang Mumpuni

Keunggulan iPhone XR yang pertama terletak pada tampilan bodynya. Perangkat iPhone ini terlihat elegan dengan tampilan casing luar yang terbuat dari material kaca dengan bingkai aluminium. Variasi warna yang ditawarkan pun membuat iPhone ini banyak dicari oleh kalangan generasi muda. Anda dapat mengekspresikan karakter diri dengan memilih dari 6 variasi warna yang ada.

Sedangkan, dari segi layar, smartphone ini dibekali dengan layar seluas 6.1 inch. Walaupun ukuran layar tersebut memang lebih kecil dibandingkan seri sebelumnya. Namun hal tersebut memberikan keuntungan tersendiri.

Dengan layar yang lebih kecil membuat iPhone ini memberikan kemudahan akses dengan menggunakan satu tangan. Ini tentunya akan sangat mempermudah Anda dalam mengirimkan pesan atau menjawab panggilan di saat sedang melakukan multitasking. Resolusi layar sebesar 828 x 1792 pixel dengan kerapatan pixel sebesar ~326 ppi memanjakan mata Anda. Ketajaman kualitas grafis yang dimiliki perangkat smartphone ini juga dijamin dengan adanya fitur True-Tone. Aktivitas seperti streaming film maupun bermain mobile game dengan menggunakan smartphone ini akan terasa lebih memuaskan.
Selain itu, layar iPhone XR ini juga tergolong sangat awet. Layar smartphone ini dibekali dengan lapisan anti gores yang membantu menjaga agar layar tidak tergores saat tidak sengaja terjatuh.

Tak hanya itu, iPhone ini juga dilengkapi dengan lapisan oleophobic. Lapisan tersebut membantu mencegah timbulnya jejak sidik jari menempel pada layar saat Anda sedang mengakses konten dan aplikasi. Ini memungkinkan layar iPhone XR tetap terlihat awet mulus dan bersih layaknya baru.

2. Performa Prosesor A12 Bionic yang Tangguh

Keunggulan lainnya dari iPhone XR adalah performa prosesor yang sangat tangguh. iPhone ini memiliki chipset A12 yang memiliki performa terbaik. Dibekali dengan 8 inti membuat prosesor ini mampu memproses data dengan lebih cepat dan efisien.

Hal tersebut dibuktikan oleh uji performa menggunakan aplikasi Geekbench. Berdasarkan penghitungan lewat aplikasi benchmark tersebut, Apple iPhone XR menunjukkan skor singlecore dan multi-core yang berkesan. iPhone XR menduduki peringkat ke-2 dengan hasil sebesar 11437.

Angka tersebut menunjukkan performa multicore iPhone XR berada di atas performa Apple iPhone X dan iPhone XS Max. iPhone ini juga menunjukkan selisih yang cukup kecil dibandingkan dengan performa iPhone XS yang mencetak angka 11472. Sedangkan, iPhone XR memiliki performa single-core yang lebih tinggi. Skor single-core dari perangkat smartphone ini adalah sebesar 4818.

Tak hanya dipersenjatai dengan chipset yang handal. iPhone XR ini juga dibekali dengan kapasitas GPU yang memuaskan. Kartu grafis milik iPhone ini menggunakan Apple GPU dengan 4-core graphics yang mumpuni. Hal tersebut terlihat dari tes benchmark yang dilakukan oleh GFX 3.1 Manhattan yang menunjukkan skor Apple iPhone XR berada di angka 97.

Sedangkan ujicoba benchmark yang dilkaukan onscreen menunjukkan performa iPhone XR berada setara dengan iPhone XS dan XS Max dengan skor 60. Ini artinya, performa grafis yang dimiliki iPhone ini memang sangat baik. Tak mengherankan jika cukup banyak kalangan gamer yang melirik perangkat iPhone XR ini.

3. Kapasitas Memori yang Besar

Dari segi kapasitas memori pun, iPhone XR tak kalah dibandingkan seri terbaru maupun seri sebelumnya. Dari segi memori RAM, smartphone ini mengusung kapasitas seluas 3GB. Dengan kapasitas tersebut, Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi ringan hingga sedang dengan sangat mudah. Anda bahkan bisa memainkan aneka game smartphone berkapasitas sedang dengan lancar.

Tak hanya memiliki kapasitas RAM yang mumpuni, iPhone XR ini juga dibekali dengan fitur memori internal yang bervariasi. iPhone ini mengusung 3 variasi memori internal, yaitu 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Anda dapat memilih kapasitas memori manapun yang sesuai dengan kebutuhan. Aktivitas streaming film maupun mengunduh lagu juga terasa sangat memuaskan. Potensi terjadinya lagging saat bermain game atau aplikasi mengalami crash pun dapat dihindari.

4. Fitur Kamera yang Memuaskan

Bagi Anda yang membutuhkan spesifikasi kamera yang mumpuni, iPhone XR hadir dengan spesifikasi yang mengagumkan. Walaupun hanya memiliki satu buah lensa kamera yang disematkan pada punggung, kamera belakang dari iPhone ini memiliki resolusi yang cukup tinggi. Perangkat smartphone ini mengusung kamera utama beresolusi 12 MP. Dengan resolusi tersebut, Anda bisa memperoleh hasil foto dengan kualitas terbaik.

Terlebih lagi, dengan adanya tambahan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan Phase Detection Auto Focus (PDAF) yang membantu membuat foto tangkapan Anda memiliki kualitas gambar yang tajam dan jernih. Fitur Quad-LED dual-tone flash dan HDR yang ada di dalam lensa tersebut bahkan memungkinkan Anda untuk memperoleh kualitas foto yang tetap baik walaupun Anda berada di lingkungan minim cahaya. Tak hanya menghasilkan foto yang memukau, perangkat iPhone ini juga dapat memproduksi video dengan kualitas resolusi 4K.

5. Tahan Terhadap Debu dan Air

iPhone XR merupakan salah satu perangkat smartphone dari Apple yang sangat dikenal dengan ketangguhannya. iPhone ini sudah mengantongi sertifikasi IP67. Yang berarti, smartphone ini mampu tetap berfungsi dengan baik walaupun tanpa sengaja terkena guyuran air hujan. Ini tentunya sangatlah penting. Terutama jika Anda kerap bepergian saat musim hujan.

Dengan adanya sertifikasi yang dimiliki iPhone XR ii, berarti Anda tidak perlu khawatir smartphone akan rusak walaupun terkena air hujan saat Anda sedang kehujanan. Tak hanya itu, iPhone ini juga tahan terhadap paparan debu.

Membawa iPhone ini ke lingkungan berdebu seperti kawasan konstruksi tidak akan mengakibatkan perangkat smartphone ini rusak. Tepatlah jika iPhone XR memang benar-benar mumpuni dalam menemani aktivitas harian Anda.

Kekurangan iPhone XR

Walaupun iPhone XR mengusung banyak kelebihan, smartphone tersebut juga tetap memiliki beberapa kekurangan.

Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki iPhone XR:

1. Tidak Adanya Memori Eksternal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh iPhone XR adalah tidak adanya memori eksternal. Dengan adanya pilihan memori internal 64 GB hingga 256 GB membuat Apple menganggap bahwa keberadaan memori eksternal memang tidak dibutuhkan. Bagi sebagian besar pihak, hal tersebut sangatlah disayangkan. Terlebih lagi, mengingat harga iPhone XR yang memang lebih mahal dibandingkan smartphone Android. Tidak adanya slot untuk memori eksternal berarti Anda tidak dapat menambah kapasitas memori untuk menyimpan file saat memori internal sudah penuh.

2. Tidak Memiliki Lubang Port Jack 3,5 mm

Hal lainnya yang disayangkan oleh penggemar iPhone adalah tidak adanya lubang port jack berukuran 3,5 mm.

Padahal keberadaan lubang port tersebut sangatlah dibutuhkan bagi Anda yang ingin mendengarkan musik lewat earphone. Sebagai ganti dari lubang tersebut, Apple menyediakan fitur TWC earphone yang disambungkan melalui Bluetooth. Inovasi tersebut ternyata kurang disambut oleh beberapa pihak. Walaupun mereka tidak menolak keberadaan bluetooth earphone, namun mereka tetap menginginkan pilihan untuk bisa tetap mendengarkan melalui earphone.

Demikianlah ulasan tentang spesifikasi, beserta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki iPhone XR. Semoga dengan ulasan di atas, Anda bisa memperoleh keputusan yang tepat saat akan membeli perangkat ini. Semoga informasi ini bermanfaat. (OL-10)

BERITA TERKAIT