02 December 2020, 21:06 WIB

Ketahui Cara Memilih Baterai Ponsel


Retno Hemawati | Teknologi

Ponsel menjadi sarana kebutuhan sehari-hari setiap orang terutama di zaman digital saat ini. Namun terkadang kita mendapat kendala karena baterai ponsel yang kita gunanan tidak mampu bertahan lama, entah karena baterai bocor atau kualitas dan ketahanan baterai mulai menurun.

Baca juga : https://mediaindonesia.com/teknologi/359161/penting-memperhatikan-kualitas-aksesoris-ponsel-sebelum-beli

Maka dari itu sudah saat nya mengganti dengan baterai ponsel baru yang mampu bertahan lama, sehingga bisa menunjang kesibukan kita sehari-hari. Namun jangan lupa, tetap harus memilih baterai yang berkualitas.

Berikut tips dari Blitz untuk memilih baterai yang berkualitas:

1. Pilih  mAh yang besar, namun harus tetap berhati-hati karena banyak merek baterai yang tertulis kapasitas baterai misal 1500 mAh padahal hanya 750 mAh. Pilih baterai yang sudah terjamin keasliannya. Pilihlah produk yang mampu memberikan garansi jaminan uang kembali atas keaslian klaim produknya.

2. IC di baterai ada 2 IC yang berfungsi untuk pelindung baterai supaya tahan lama.

3. Cell baru/bekas. Kelebihan Cell baru adalah umur lebih panjang (misal Cell bekas 3 bulan sudah drop kalau Cell baru rata-rata bisa 1 tahun).

4. Kualitas Cell merupakan faktor terpenting, karena bisa jadi sama sama kapasitas 100 mAh tapi bisa berbeda jauh dari kualitas Cell nya.

Budiono, pemilik produk Blitz menerangkan tentang kapasitas powerbank yang besar. "Berbagai merek powerbank yang menuliskan kapasitas powerbank yang sangat besar, namun asli nya malah di bawah itu tidak sesuai dengan klaim, itu kan sama saja membohongi masyarakat,” kata dia. (OL-12)

BERITA TERKAIT