03 June 2023, 14:23 WIB

Jose Mourinho Didakwa UEFA atas Penghinaan ke Wasit di Final Liga Europa


Akmal Fauzi |

FEDERASI Sepak Bola Eropa (UEFA) mendakwa pelatih AS Roma Jose Mourinho karena dugaan menggunakan bahasa kasar atau makian terhadap wasit final Liga Europa Anthony Taylor.

Mourinho mendapat kartu kuning dari wasit asal Inggris itu pada final di Budapest, Kamis (1/6) yang dimenangkan Sevilla melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

Pelatih asal Portugal itu diduga mengkritik wasit dalam komentar bernada hinaan setelah pertandingan. Hukuman untuk Mourinho akan diputuskan dalam waktu dekat oleh Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA.

Baca juga : Untuk Pertama Kalinya, Mourinho Kalah di Final Kompetisi Eropa

Kedua klub juga menghadapi dakwaan atas perilaku suporter dan pemain mereka. Mereka didakwa dengan pelemparan benda, menyalakan kembang api dan perilaku yang tidak pantas.

Suporter Roma diduga melakukan tindakan perusakan serta gangguan penonton lainnya. Sevilla juga didakwa atas masuknya pendukung mereka ke lapangan setelah Gonzalo Montiel melepaskan tendangan penalti kemenangan.

Baca juga : Yassine Bono, Kiper yang Hobi Mencuri Perhatian Dunia

Sehari setelah pertandingan, video beredar di media sosial memperlihatkan wasit Taylor dan keluarganya dilecehkan oleh fans Roma di Bandara Budapest. Aksi itu membuat Taylor dan keluarganya membutuhkan perlindungan dari otoritas keamanan bandara.

"Tindakan seperti itu tidak dapat diterima dan merusak semangat fair play dan rasa hormat yang dijunjung UEFA," kata seorang juru bicara UEFA.

"Wasit memainkan peran penting dalam memastikan integritas dan keadilan permainan, dan keselamatan serta kesejahteraan mereka adalah yang paling penting," lanjutnya. (AFP/Z-4)

 

BERITA TERKAIT