20 March 2023, 12:51 WIB

Turnamen Pemanasan Liga 2 dan Liga 3 Digelar Juni


Dhika Kusuma Winata |

PSSI akan menggelar turnamen untuk klub-klub Liga 2 dan Liga 3 mulai Juni 2023 mendatang. Turnamen pemanasan digelar agar klub-klub kasta dua dan tiga bisa mempersiapkan tim untuk kompetisi musim baru nantinya.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir ketika menggelar sarasehan bersama seluruh asosiasi provinsi alias asprov di Jakarta, akhir pekan kemarin.

"Dalam jangka pendek kita akan melakukan turnamen Liga 2 dan Liga 3 pada Juni sampai September atau Oktober ketika Liga 1 mulai. Artinya isu mengenai pemain menganggur, wasit menganggur, kita buat terobosan dengan adanya turnamen," kata Erick.

Baca juga: Tim U-22 Indonesia Didominasi Pemain Liga 2

Turnamen sebelum musim baru itu digelar untuk menjembatani kekosongan kompetisi. Adapun Liga 2 2022-2023 sudah terhenti imbas Tragedi Kanjuruhan. Kompetisi diputuskan tak dilanjutkan mengingat mepetnya waktu.

"Sesuai pembahasan, kompetisi musim baru dimulai di November. Jadi setelah Piala Dunia (U-20) langsung kita ada kompetisi Liga 1 dan turnamen Liga 2 dan Liga 3 kemudian kompetisinya," kata Erick.

Baca juga: Pemain Liga 2 Tunjukkan Kualitas Di Pelatnas SEA Games 2023

Format musim baru Liga 2 dan Liga 3, imbuh Erick, tidak akan berbeda dengan sebelumnya. Perubahan hanya terjadi pada Liga 1 dari permintaan klub-klub dengan adanya babak play-off empat besar. (Z-6)

BERITA TERKAIT