13 February 2023, 08:50 WIB

IGK Manila Ungkap Peran Besar Erick Thohir pada Sepak Bola Nasional


Akmal Fauzi |

Mantan manajer Persija IGK Manila mengungkap peran Erick Thohir di persepakbolaan nasional. Tidak hanya dua kali menyelamatkan Indonesia dari sanksi FIFA, Erick nyatanya juga merupakan sosok di balik kebangkitan Persija awal 2000-an.

Menurut Manila tidak banyak orang yang tahu bahwa Erick telah aktif membantu Persija sejak era 1990-an. "Saat saya dipercaya menjadi manajer pertama kali tahun 1997, Ericklah yang mendukung semua kebutuhan finansial Persija. Dari mulai pembelian pemain, laga kandang maupun laga kandang, semua anggaran saya tinggal minta ke dia. Pemain semahal apapun yang saya ajukan disetujui, bahkan tak jarang Erick memberi masukan pemain yang harus dibeli, dia mengerti pemain bagus, dan harga tidak jadi masalah karena untuk membentuk Persija yang tangguh," ujar Manila lewat keterangan tertulis yang diterima Senin (13/2).

Manila mengungkaplan bahwa Erick terlibat di sepak bola dikarenakan kecintaannya pada dunia olahraga kulit bundar Indonesia. Meski tanpa sorotan kamera, namun sumbangsih besar Erick berbuah gelar juara Persija pada 2001.

"Berkat dukungan finansial dari Erick Thohir dengan mendatangkan sejumlah pemain bintang, serta memenuhi segala kebutuhan tim, Persija kemudian menjelma menjadi tim tangguh, dan akhirnya keluar sebagai juara pada tahun 2001," lanjut Manila.

Menurut Manila peran Erick dalam persepakbolaan nasional sudah bukan lagi pertanyaan. Sebab Erick terbuktk rekam jejaknya dalam berkorban waktu, tenaga, dan sumber dayanya demi membangun sepak bola nasional. "Erick itu tokoh nasional, Merah Putih yang ada di dadanya," kata Manila. (OL-12)

BERITA TERKAIT