26 January 2023, 11:30 WIB

Ten Hag Ingatkan MU Jaga Peluang Demi Akhiri Paceklik Gelar


Akmal Fauzi |

MANCHESTER United menapakkan satu kaki di partai puncak Piala Liga usai mengalahkan Nottingham Forest 3-0 di laga leg pertama semifinal di Stadion City Ground, Kamis (26/1) dini hari WIB. Para pemain Setan Merah pun diminta tidak membuat kesalahan di pertemuan kedua agar bisa lolos ke final dan merebut trofi keenamnya di Piala Liga.

MU tampil dominan meskipun tampil dengan status tim tamu dengan 67% penguasaan bola, berbanding 33% milik Nottingham. 

Mereka juga melepaskan 15 tembakan yang enam di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Nottingham Forest memperoleh empat peluang tepat sasaran dari 13 kesempatan.

Baca juga: Tekuk Forest, MU Letakkan Satu Kaki di Final Piala Liga

MU sudah mampu unggul pada menit keenam laga lewat gol Marcus Rashford. Setelah itu, pemain Setan Merah--julukan MU-- beberapa kali melakukan kesalahan yang membuat tim tuan rumah memiliki peluang untuk mencetak gol penyeimbang di babak pertama sebelum pemain anyar Wout Weghorst mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan tersebut.

MU memastikan kemenangan kala Bruno Fernandes mencetak gol ketiga di laga ini pada menit ke-89. 

Skuat asuhan Erik ten Hag adalah favorit untuk mencapai final di Wembley saat mereka berusaha untuk mengakhiri paceklik trofi yang sudab berlangsung enam tahun.

Ten Hag senang dengan cara timnya mendominasi permainan, tapi memperingatkan pemainnya tidak boleh membiarkan lawan menguasai pertandingan saat mereka memimpin.

"Kami harus memainkan satu pertandingan dan kami harus melakukan hal yang sama. Kami harus bersiap, kami harus membuat rencana permainan yang bagus dan para pemain harus fokus," kata Ten Hag.

Forest yang telah memenangkan Piala Liga empat kali sempat menyamakan kedudukan di pertengahan babak pertama ketika Sam Surridge menghasilkan penyelesaian yang bagus setelah berlari di tengah oleh Morgan Gibbs-White. Tapi gol itu dianulir VAR karena offside.

"Mereka mengubah sistem dan kami tidak mengantisipasi itu. Itu tidak bisa terjadi. Itu masih momen di mana kami harus belajar dan berkembang sebagai tim jika ingin menjadi yang teratas. Momen itu tidak boleh terjadi lagi," ujarnya.

Keunggulan agregat ini menjadi modal utama Setan Merah untuk melakoni leg kedua, yang bakal digelar di Stadion Old Trafford, tengah pekan depan. Nantinya, mereka bakal bersua pemenang antara Southampton versus Newcastle United. (Skysports/OL-1)

BERITA TERKAIT