25 January 2023, 19:36 WIB

Kata Menpora Amali Seandainya Terpilih Waketum PSSI


Dhika Kusuma Winata |

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali enggan berspekulasi soal kursinya sebagai menteri yang kini maju dalam pemilihan Wakil Ketua Umum PSSI. Menjawab kegundahan dari cabor-cabor, Menpora menyatakan akan memutuskannya setelah pemilihan selesai.

"Itu kalau terpilih, jadi nanti akan saya jawab lagi kalau terpilih. Kalau belum kan kita bermimpi-mimpi lagi," ucapnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (25/1).

Beberapa cabor sebelumnya mengungkapkan kegundahan lantaran Menpora maju dalam pemilihan PSSI. Dikhawatirkan, Menpora yang menaungi semua cabor seolah-olah hanya fokus pada sepak bola.

Amali menyatakan bakal mempertimbangkan kembali posisinya jika terpilih. Dia juga bakal melapor lagi ke Presiden Jokowi dan akan patuh mengikuti.

"Saya lapor Presiden dulu. Kita lapor Presiden, apa kebijakan beliau saya lakukan," ungkapnya.

Menpora menyatakan majunya dia yang saat ini sebagai pejabat pemerintah tak bertabrakan dengan prinsip nonintervensi FIFA. Ia juga sudah meminta izin Presiden untuk mendaftar. Selain Menpora, Menteri BUMN Erick Thohir juga maju sebagai bakal calon ketua umum.

"Intervensi pemerintah itu kalau pemerintah mengatur kompetisi, pemerintah mengatur segala urusan organisasi. Ini (pemilihan) terbuka. Tidak ada aturan yang dilanggar baik statuta FIFA atau PSSI, jadi siapa saja diperbolehkan," pungkas politisi Partai Golkar itu. (OL-8)

BERITA TERKAIT