25 January 2023, 12:37 WIB

Kemenangan Lazio bukan Untuk Bantu Napoli Raih Scudetto


Akmal Fauzi |

PELATIH Lazio Maurizio Sarri menegaskan kemenangan atas AC Milan bukan bertujuan memudahkan jalan mantan timnya, Napoli, untuk meraih gelar Scudetto Serie A musim ini.

Si Elang --julukan Lazio-- tampil meyakinkan dengan mengalahkan tim juara bertahan itu dengan skor 4-0 di Stadion Olimpico, Rabu (25/1) dini hari WIB.

Hasil itu membuat mereka tetap di urutan kedua dengan 38 poin, namun selisih dengan Napoli yang ada di puncak kini melebar menjadi 12 poin. Posisi mereka juga lawan tergusur karena empat tim lain di bawahnya membuntuti.

Lazio adalah salah satu dari empat tim yang membuntuti mereka dengan jarak satu poin dari Milan di urutan ketiga. Poin Inter Milan dan AS Roma di urutan keempat dan kelima juga sama dengan Lazio namun kalah selisih gol.

Sementara Atalanta yang sedang dalam performa terbaiknya tertinggal dua poin dari AC Milan di urutan keenam. Kondisi itu membuat persaingan untuk empat besar semakin memanas. Sarri mengaku senang jika upayanya untuk tim asuhannya ikut membantu Napoli, namun ia hanya berpikir untuk Lazio.

"Kami mengejar kemenangan ini untuk diri kami sendiri, sebab di musim lalu kami kesulitan menghadapi Milan, kami selalu kalah dalam tiga pertemuan," kata Sarri yang pernah melatih Napoli sejak 2015 hingga 2018.

"Jika Napoli ada di tempat yang baik di klasemen, bagi saya itu hanyalah alasan untuk kepuasan," imbuhnya.

Baca juga: Lazio Hajar AC Milan

Baginya, kepuasan yang paling nyata dirasakan ialah melihat permainan anak asuhnya di laga itu. Lazio yang kehilangan striker Ciro Immobile yang cedera tidak kesulitan menghadapi pertahanan Milan yang sudah kebobolan 12 gol dalam lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Tuan rumah sudah unggul lewat gol Sergej Milinkovic-Savic dan Mattia Zaccagni di babak pertama. Lazio mengemas gol ketiganya di pertengahan babak kedua lewat penalti Luis Alberto dan Felipe Anderson menggenapi kemenangan timnya di menit ke-75.

"Dalam hal kesenangan teknis dan taktis, hari ini adalah salah satu yang terbaik. Mungkin yang terbaik," ungkapnya.

Pelatih Milan Stefano Pioli menegaskan timnya belum menyerah dan akan terus bekerja keras mempertahankan trofi. Pioli mengatakan masalah terbesar timnya ada di pertahanan karena sudah kebobolan banyak gol.

"Kami harus kembali bermain dengan cara yang kami tahu, itu harus menjadi tujuan dan kami harus melakukannya segera mungkin," kata Pioli.

"Saya hanya tahu satu cara untuk menyelesaikan situasi, dan itu adalah bekerja dengan para pemain dan mengembangkan situasi di mana kami kesulitan," ungkapnya.(Footballitalia/OL-5)

BERITA TERKAIT