25 January 2023, 06:29 WIB

Gol Tunggal Joelinton ke Gawang Saints Dekatkan Newcastle ke Final Piala Liga


Basuki Eka Purnama |

EDDIE Howe meminta para pemain Newcastle United untuk tidak melakukan selebrasi berlebihan setelah mereka meletakkan satu kaki di final Piala Liga usai menang 1-0 atas Southampton di laga leg pertama semifinal, Rabu (25/1) dini hari WIB.

Joelinton memastikan kemenangan Newcastle lewat golnya di babak kedua laga di St Mary's. 

Kemenangan itu membuat Newcastle berpeluang mencapai final kedua mereka sejak 1999.

Baca juga: Howe Targetkan Newcastle Capai Lebih dari Semifinal Piala Liga

Pemain Southampton Duje Caleta-Car diusir wasit di akhir laga karena melakukan protes keras. Anak-anak asuhan Nathan Jones, yang ebrada di dasar klasemen Liga Primer Inggris, kecewa berat setelah gol penyama kedudukan yang dicetak Adam Armstrong dianulir VAR karena handball.

Laga leg kedua antara Southampton dan Newcastle akan dimainkan di St James' Park pada 31 Januari dengan pemenang laga itu akan bertemu dengan pemenang laga antara Manchester United dan Nottingahm Forest di laga final.

Howe mengatakan kerja mere abelum selesai.

"Hasil hari ini sangat bagus namun perjalanan amsih panjang. Menang selalu menyenangkan namun kami tahu 1-0 bukanlah hal yang aman," ujar Howe.

"Laga ini sangat berat. Kedua tim sama-sama membuat peluang. Kini, kami akan kembali ke St James' dengan dukungan para pendukung kami," lanjutnya.

Howe kemudian mengakui timnya beruntun gol Armstrong dianulir oleh VAR.

"Saya rasa itu gol. Beruntun VAR menganulirnya," aku Howe.

Newcastle, musim ini, menikmati kebangkitan berkat kepemimpinan Howe dan dukungan finansial dari pemilik baru asal Arab Saudi.

The Magpies kini menduduki peringkat tiga Liga Primer Inggris dan tampil di semifinal kompetisi domestik untuk pertama kali sejak 2005. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT