25 January 2023, 05:45 WIB

Klub Liga Primer Inggris Pecahkan Rekor Belanja Januari


Basuki Eka Purnama |

KLUB-KLUB Liga Primer Inggris memecahkan rekor belanja di jendela transfer Januari dengan menggelontorkan dana sebesar 440 juta pound sterling. Hal itu diungkapkan pakar keuangan olahraga Deloitte.

Per Selasa (24/1) pukul 15.00 GMT atau pukul 22.00 WIB, dana yang dibelanjakan klub Liga Primer Inggris telah memecahkan rekor sebelumnya yaitu sebesar 430 juta pound sterling pada Januari 2018.

Dimodali oleh pemilik baru, Chelsea menjadi klub dengan nilai belanja terbesar pada Januari.

Baca juga: Gara-Gara Chelsea, UEFA Ubah Aturan FFP

The Blues telah menghabiskan dana sebesar 180 juta pound sterling pada bulan ini setelah mendatangkan gelandang Ukraina Mykhailo Mudryk dari Shakhtar Donetsk seharga 88,5 juta pound sterling.

Klub asal London itu juga mendatangkan David Fofana dari Molde, Benoit Badiashile dari Monaco, Andrey Santos dari Vasco Dagama, dan Noni Madueke dari PSV.

Adapun belanja besar lain dilakukan oleh Liverpool yang memboyong Cody Gakpo dari PSV seharga 44 juta pound sterling.

Saat ini, jendela transfer Januari masih menyisakan satu pekan sehingga nilai belanja klub Liga Primer Inggris itu masih bisa naik.

Pada jendela transfer Januari 2022, Deloitte melaporkan nilai belanja klub Liga Primer Inggris adalah sebesar 105 juta pound sterling sepekan sebelum ditutup dan berakhir dengan nilai 295 juta pound sterling.

"Januari 2023 telah memecahkan rekor untuk belanja pemain yang dilakukan klub Liga Primer Inggris saat mereka memperkuat skuat mereka menjelang paruh kedua musim," ujar Asisten Direktur Deloitte Calum Ross.

"Di Musim 2022-23, tim melakukan belanja besar dan, hingga kini, klub Liga Primer Inggris telah menggelontorkan dana sebesar 2,4 miliar pound sterling untuk belanja pemain," lanjutnya. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT