24 January 2023, 19:28 WIB

Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI, PSSI Kebut Perpindahan Federasi


Akmal Fauzi |

SHAYNE Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta, Selasa (24/1). PSSI akan segera berkirim surat ke FIFA untuk proses perpindahan federasi Shayne dari Belanda (KNVB) ke PSSI.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, PSSI akan segera mengirim surat ke FIFA agar Shayne bisa membela Timnas Indonesia di kompetisi Internasional. Pemain keturunan dari ayahnya yang berasal dari Semarang itu diproyeksikan bisa tampil di Piala Asia 2023 Qatar Juni mendatang.

"Tentunya ini yang ditunggu-tunggu oleh kita. Rencananya besok kami langsung mengurus KTP dan paspor. Dua hari ke depan Shayne harus kembali ke Norwegia. Kami harapkan cepat. Kami akan bersurat ke FIFA untuk pergantian federasi sehingga Shanye bisa bermain untuk timnas kita," kata Iriawan.

Shayne merupakan salah satu pemain naturalisasi hasil rekomendasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong selain Jordi Amat dan Shandy Walsh yang sudah lebih dulu resmi jadi WNI. Shayne mengaku akan segera berbicara dengan Shin Tae-yong untuk membahas Timnas Indonesia.

"Saya sudah berbicara dengan staf pelatih Timnas Indonesia, mereka suka permainan saya, mereka melihat permainan saya. Saya belum bertemu langsung dengan coach Shin, setelah resmi menjadi WNI, dalam waktu dekat kami akan bertemu dan berbicara mengenai sepak bola," kata pemain Viking FK tersebut. (OL-15)

BERITA TERKAIT