24 January 2023, 13:38 WIB

Pecahkan Rekor Klub, Kane Kini Butuh Trofi


Dhika Kusuma Winata |

STRIKER Tottenham Hotspur Harry Kane menorehkan sejarah bagi klub dengan mencetak gol ke-266 yang membuatnya sejajar dengan pencetak gol sepanjang masa the Lilywhites, Jimmy Greaves.

Hanya saja, penyerang berusia 29 tahun itu hingga kini masih minus trofi untuk melengkapi karier cemerlangnya sebagai salah satu pemain tersubur di daratan Inggris.

Rekor itu dicetak Kane ketika Tottenham menang 1-0 atas Fulham pada lanjutan Liga Primer Inggris di Craven Cottage, Selasa (24/1) dini hari. Sang pelatih Antonio Conte berhasrat untuk memenangi trofi bersama Kane.

Di Liga Inggris, Kane dan kawan-kawan sementara ini di posisi lima selisih tiga angka dari Manchester United di peringkat empat dan terpaut 14 poin dari Arsenal di puncak klasemen. Di kompetisi domestik, Tottenham masih berjuang di putaran keempat melawan Preston North End akhir pekan ini.

"Yang pasti saya ingin membantu dia, juga rekan satu timnya, untuk mencoba melakukan sesuatu yang penting, untuk memenangi sesuatu bersama Tottenham karena dia mencintai Tottenham," ucap Conte.

"Tottenham ada di hatinya dan akan bagus jika bersama-sama kita bisa memenangi sesuatu, karena penting untuk memiliki rekor ini, tapi saya rasa itu bisa lebih penting jika Anda meraih trofi," imbuh pelatih berkebangsaan Italia itu.

Rekor milik Jimmy Greaves bertahan sejak 1970 dan Kane tak akan kesulitan melampauinya dengan hanya menambah satu gol lagi ketika melawan Preston.

Hanya masalah waktu bagi Kane untuk menguasai satu-satunya rekor di Tottenham. Di laga itu, Kane pun tetap bermain meski sedang mengalami demam.

"Tentang semangat yang saya bicarakan sebelumnya, saya ingin menggarisbawahi Harry bermain dengan demam dan dia tidak begitu bagus, tetapi dia ingin bermain karena dia memahami momentumnya," ucap Conte.

Di level timnas, Kane juga sudah menyamai rekor Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak Inggris setelah mengantongi gol internasionalnya yang ke-53 di perempat final Piala Dunia Qatar lalu.

Di tengah kabar minat Manchester United untuk meminangnya, Kane berjanji fokus untuk Tottenham. Ia berhasrat menuntaskan beberapa turnamen besar yang masih dilakoni di Liga Champions dan Piala FA.

"Saya berkonsentrasi pada musim ini. Akan selalu ada pembicaraan tentang masa depan saya, saya hanya ingin fokus pada pekerjaan saya di lapangan. Jalan masih panjang, masih banyak pertandingan seperti di Liga Champions, Piala FA dan itulah fokus saya," tandas Kane. (OL-8)

BERITA TERKAIT