24 January 2023, 11:07 WIB

Komite Pemilihan: Tak Ada Debat Tebuka Calon Ketum PSSI


Akmal Fauzi |

KOMITE Pemilihan (KP) PSSI menegaskan tidak akan menggelar debat terbuka antara calon ketua umun PSSI periode 2023-2027. Hal itu menjawab usulan sejumlah pihak agar adanya debat terbuka para calon pimpinan PSSI.

Sejumlah pihak yang mengusulkan di antaranya Asosiasi Provinsi (Asprov) Nusa Tenggara Timur. Mereka menilai debat terbuka dilakukan agar masyarakat dan pengurus PSSI di daerah, bisa mengetahui komitmen dan integritas calon yang nantinya bakal memimpin PSSI.

Namun, Ketua KP PSSI Amir Burhanudin menegaskan dalam aturan pemilihan tidak diatur adanya debat terbuka. Untuk itu, Amir menegaskan dalam alur jadwal pencalonan Komite Eksekutif PSSI 2023-2027 tidak ada rencana debat terbuka.

"Tidak diatur dalam kode pemilihan," kata Amir saat dihubungi, Selasa (24/1).

Amir menjelaskan saat ini pihaknya sudah merampungkan kelengkapan data para bakal calon wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif (exco) yang sebelumnya ada beberapa kekurangan dokumen yang harus dilengkapi.

Baca juga: Pengamat : Kursi Ketum PSSI Bukan Batu Loncatan Politik

Total ada 16 orang bakal calon wakil ketua umum dan 55 bakal calon anggota exco yang sudah melengkai dokumen. Sementara untuk lima bakal calon ketua umum sebelumnya sudah dinyatakan lengkap dokumennya.

Amir mengatakan KP PSSI akan resmi mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI pada 31 Januari 2023.

Tanggal 1 sampai 3 Februari, para bakal calon dan anggota PSSI dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan jika tidak lolos dalam pengumuman daftar calon sementara.

Kemudian pada 6 Februari 2023, Komite Banding Pemilihan akan resmi mengumumkan daftar calon tetap Komite Eksekutif PSSI. (Mal/OL-09)

BERITA TERKAIT