24 January 2023, 09:45 WIB

Polandia Segera umumkan Santos Sebagai Pelatih Timnas


Basuki Eka Purnama |

ASOSIASI Sepak Bola Polandia (PZPN) Cezary Kulesza, Senin (23/1), memberi petunjuk bahwa mantan pelatih timnas Portugal Fernando Santos akan ditnjuk sebagai pelatih baru timnas Polandia.

PZPN dijadwalkan menggelar konferensi pers pada Selasa (24/1) untuk mengumumkan pelatih baru mereka dengan Santos berada di posisi terdepan.

"Sampai jumpa besok di konferensi pers di stadion nasional," ujar Kulesza di Twitter sembari menampilkan foto dirinya bersama Santos.

Baca juga: Ronaldo Ogah Beri Apresiasi Untuk Fernando Santos

Kulesza juga me-retweet ucapan selamat dari Menteri Olahraga Polandia Kamil Bortniczuk.

"Fernando Santos adalah pelatih dengan resume yang amat bagus. Dia memiliki pengalaman menukangi bintang-bintang besar," cicit Bortniczuk.

Mantan gelandang Liverpool dan timnas Inggris Steven Gerrard juga sempat dikaitkan dengan posisi timnas Polandia.

Pelatih baru timnas Polandia akan menggantikan posisi Czeslaw Michniewicz, yang dipecat pada bulan lalu setelah Polandia mencapai babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Polandia melaju ke babak sistem gugur Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Arab Saudi, bermain imbang dengan Meksiko, dan kalah dari Argentina.

Mencapai babak 16 besar Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam tempo 36 tahun, Polandia menyerha 3-1 dari Prancis.

Santos sebelumnya merupakan pelatih timnas Portugal sebelum mengundurkan diri setelah Selecao das Quinas tersingkir di babak perempat final setelah kalah dari Maroko.

Ditunjuk sebagai pelatih Portugal pada September 2014, Santos mempersembahkan gelar pertama untuk negaranya di Piala Eropa 2016 disusul gelar Liga Negara UEFA 2019.

Di masa kepemimpinannya, Portugal tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT