24 January 2023, 06:20 WIB

Pimpin Spurs Tekuk Fulham, Kane Samai Rekor Gol Greaves


Basuki Eka Purnama |

HARRY Kane menyamai rekor Jimmy Greaves sebagai pencetak gol terbanyak Tottenham Hotspur dengan 266 gol saat membawa klub asal London itu menang 1-0 atas Fulham di laga lanjutan Liga Primer Inggris, Selasa (24/1) dini hari WIB.

Kapten timnas Inggris itu mencetak gol di akhir babak pertama lewat tendangan dari sisi kotak penalti dalam laga di Craven Cottage.

Rekor gol Greaves di Spurs telah bertahan sejak 1970 namun gol pertama Kane dalam tiga laga terakhir membuat dia menyamai rekor tersebut.

Baca juga: Arsenal Disebut Favorit Juara Liga Primer Inggris, Arteta Merendah

Kane berpeluang memecahkan rekor gol tersebut di laga Spurs berikutnya kala mereka berhadapan dengan klun Divisi Championship Preston di laga putaran keempat Piala FA, Sabtu (28/1).

Prestasi Kane itu terlihat luar biasa jika mengingat awal kariernya yang berat dengan dia beberapa kali dipinjamkan sebelum akhirnya muncul sebagai bintang.

Greaves, yang meninggal dunia di usia 81 tahun pada 2021, dipandang sebagai salah satu pencetak gol terbaik dalam sejarah sepak bola.

Anggota timnas Inggris yang menjadi juara Piala Dunia pada 1966, Greaves mencetak 44 gol untuk the Three Lion. Dia juga merupakan pencetak gol terbanyak di liga utama Inggris dengan 357 gol.

Bagi Kane, berada sejajar dengan pemain legendaris seperti Greaves membuktikan ketajaman dan daya juangnya.

Penyerang berusia 29 tahun itu hanya membutuhkan satu gol lagi untuk mencapai rekor 200 gol di Liga Primer Inggris, orang ketiga yang melakukannya setelah Alan Shearer (260) dan Wayne Rooney (208).

Kane juga telah menyamai rekor Rooney sebagai pencetak gol terbanyak timnas Inggris setelah dia mencetak golnya yang ke-53 di babak perempat final Piala Dunia 2022 melawan Prancis, Desember lalu.

Berkat gol ke-18 Kane di seluruh kompetisi pada musim ini, Spurs, yang menduduki peringkat lima klasemen, memangkas jarak dari peringkat empat Manchester United menjadi tiga poin. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT