08 December 2022, 04:31 WIB

Van Dijk Sebut Kekompakan Merupakan Kunci untuk Mengalahkan Argentina


Basuki Eka Purnama |

KAPTEN timnas Belanda Virgil van Dijk yakin kepaduan di dalam skuat tim Oranye akan mampu membuat perbedaan pada laga perempat final Piala Dunia 2022 melawan Argentina, Sabtu (10/12) dini hari WIB.

Belanda bukanlah tim yang dikenal karena semangat juang timnya di Piala Dunia namun mereka terlihat dalam suasana gembira ketika pulang ke hotel menyusul kemenangan di babak 16 besar atas Amerika Serikat (AS).

Pelatih Louis van Gaal berdansa dan berselebrasi bersama staf hotel tempat timnya menginap dan Van Dijk yakin kebersamaan di dalam skuatnya sungguh spesial.

Baca juga: Van Dijk: Sebuah Kehormatan Bermain Melawan Messi

"Setiap orang tahu peran mereka. Setiap dari mereka merasakan tanggung jawabnya agar dapat meraih kesuksesan," kata bek Liverpool itu dikutip AFP, Rabu (7/12).

"Terasa sulit bagi pemain yang tidak turun sebagai starter. Ada 15 pemain yang ingin mengawali pertandingan dan mereka tidak mendapatkan kesempatan itu."

"Sulit untuk tetap ada untuk satu sama lain tetapi semua orang melakukan itu, dan itu adalah kunci kesuksesan," lanjutnya.

Van Dijk mengatakan perasaan kompak bahkan menjalar ke para staf hotel tempat mereka menginap di Doha.

"Pemandangan setelah pertandingan di hotel, orang-orang yang bekerja di hotel, para staf yang membantu kami setiap harinya ada untuk kami, menyambut kami dan bersorak untuk kami," kata dia.

"Mereka juga bagian dari kesuksesan sejauh ini, dan semoga kami dapat meneruskan itu," imbuhnya.

Belanda akan menantang Argentina dalam laga antara dua tim paling ikonis di Piala Dunia itu.

Negara Amerika Selatan tersebut keluar sebagai pemenang saat keduanya bertemu di semifinal Piala Dunia 2014, melalui adu penalti menyusul hasil imbang 0-0.

Van Dijk mengatakan Belanda telah berlatih penalti dan siap menghadapi kemungkinan ujian dari titik putih itu sekali lagi.

"Kami akan mencoba sebaik mungkin agar siap untuk itu, tapi semoga kami tidak sampai pada tahap itu dan kami bisa memutuskan hasil pertandingan lebih awal," ungkapnya.

Belanda akan bertumpu kepada Van Dijk untuk menghentikan Messi di pertandingan yang bisa menjadi penampilan Piala Dunia terakhir bagi sang megabintang Argentina. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT