06 December 2022, 14:39 WIB

Modric: Sebuah Keajaiban Mampu Bangkit dari Ketertinggalan


Dhika kusuma winata |

KROASIA lagi-lagi lolos melalui drama. Skuad Vatreni melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 setelah menang atas Jepang lewat adu penalti. Sang kapten Luka Modric mengakui timnya seakan tak bisa menang tanpa drama.

Pasalnya, tujuh dari delapan laga knock out terakhir Kroasia di turnamen besar berakhir dengan perpanjangan waktu maupun adu penalti. Satu-satunya pengecualian ketika mereka kalah dari Prancis di final edisi Rusia empat tahun lalu.

"Tampaknya kami tidak bisa melakukannya tanpa drama. Kami sangat senang bisa mencapai perempat final," ungkap gelandang berusia 37 tahun itu.

"Itu adalah pertandingan yang sangat sulit melawan tim yang sangat tangguh,"imbuhnya.

Kroasia tertinggal lebih dulu 0-1 dari gol Daizen Maeda di babak pertama. Ivan Perisic membuat Kroasia menyamakan kedudukan pada menit ke-55 waktu normal.

Tak ada gol lagi tercipta sehingga laga dilanjutkan hingga perpanjangan waktu. Skor imbang 1-1 pun tetap bertahan dan akhirnya berlanjut adu tos-tosan.

Baca juga: Neymar Pastikan Brasil Fokus Incar Gelar Piala Dunia 2022

Sepakan penalti Mario Pasalic mengunci kemenangan Kroasia setelah kiper Dominik Livakovic sukses menggagalkan tiga eksekutor Jepang.

Modric mengakui Kroasia tidak bermain di level tertinggi meski pada akhirnya menemukan cara untuk menang.

"Kami menunjukkan karakter ketika kami bangkit dari ketertinggalan. Livi (Livakovic) menampilkan keajaiban hari ini. Pertandingan yang sangat berat dan melelahkan," kata Modric.

Pelatih Zlatko Dalic bangga atas pencapaian ke delapan besar itu meski generasi terbaik Kroasia yang tersisa kini sudah memasuki usia veteran. Ia memuji tim asuhannya yang menunjukkan mental pantang menyerah dan daya juang hingga akhir.

"Jangan pernah meremehkan orang Kroasia. Setiap kali ini terjadi, orang akan menyesalinya. Kami akan terus maju," kata Dalic.

"Kami berhak untuk mengharapkan hasil yang luar biasa. Kami tidak akan menyerah, kami akan terus berjuang untuk mencapai impian Piala Dunia kami," tambahnya.

Kroasia selanjutnya akan menghadapi Brasil yang mengandaskan Korea Selatan. Brasil yang beramhisi mencari gelar juara keenam mereka akan menjadi tantangan berat bagi Modric dan kawan-kawan.

"Jika saya bisa memilih, saya akan memilih Korea Selatan, tetapi jika itu Brasil maka tidak apa-apa. Mari berikan yang terbaik dan bermain sepenuh hati untuk menang," tandas Dalic. (AFP/OL-4)

BERITA TERKAIT