06 December 2022, 11:11 WIB

Oliver Bierhoff Mundur Lebih Awal dari Posisi Direktur Timnas Jerman


Akmal Fauzi |

Direktur timnas Jerman Oliver Bierhoff mengundurkan diri dari jabatannya dua tahun lebih awal setelah negaranya tersingkir di babak penyisihan grup untuk kedua kali berturut-turut di Piala Dunia. Bierhoff dan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) telah sepakat untuk mengakhiri kontraknya yang harusnya berakhir hingga 2024.

Bierhoff, yang mencetak dua gol di final Euro 1996 saat Jerman terakhir memenangkan turnamen tersebut telah bekerja untuk DFB sejak 2004. Mantan pemain depan AC Milan itu menyaksikan gelar juara keempat Jerman di Piala Dunia Brasil delapan tahun lalu.

Bierhoff adalah sosok berpengaruh di sepak bola Jerman bersama pelatih Juergen Klinsmann, kemudian Joachim Loew sebelum Hansi Flick mengambil alih pada 2021.

Presiden DFB Bernd Neuendorf mengatakan Bierhoff telah memberikan layanan yang luar biasa kepada DFB. Bahkan jika turnamen terakhir gagal mencapai target, Bierhoff akan selalu dikaitkan dengan kesuksesan Piala Dunia di Brasil.

"Bahkan di masa-masa sulit, dia selalu mengejar tujuan dan visinya serta meninggalkan jejak abadi di DFB," ujarnya.

Di Qatar, Jerman menjalani turnamen yang buruk termasuk kekalahan melawan Jepang di pertandingan fase grup. Hasil itu membuat Der Panzer--julukan Timnas Jerman-- tertahan di peringkat ketiga klasemen dan gagal lolos ke babak 16 besar. Kegagalan ini membuat Jerman mengulangi catatan pada 2018 di Rusia.

Neuendorf dan pelatih Jerman Hansi Flick menyerukan perombakan sistem pengembangan pemain usia muda Jerman sebelum negara itu menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT