06 December 2022, 12:45 WIB

Neymar Pastikan Brasil Fokus Incar Gelar Piala Dunia 2022


Akmal Fauzi |

BINTANG timnas Brasil Neymar melakukan comeback dari cedera dan mencetak gol untuk membawa timnya ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Korea Selatan (Korsel) 4-1 di Stadium 974, Selasa (6/12) dini hari WIB. 

Pemain berusia 30 tahun itu menegaskan Brasil bisa melangkah ke final dan memenangkan trofi keenam mereka di Piala Dunia.

Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu absen di dua pertandingan terakhir timnya karena cedera pergelangan kaki yang dideritanya saat menang 2-0 atas Serbia. 

Baca juga: Pele Mengaku Tonton Aksi Timnas Brasil dari Rumah Sakit

Neymar lalu jadi starter di laga 16 Besar Piala Dunia 2022 menghadapi Korsel meskipun awalnya sempat diragukan bermain.

Brasil, yang menyerang sejak menit awal, unggul cepat di menit ke-7 lewat gol Vinicius Junior. Tim Samba tidak mengendurkan serangannya. 

Mereka tidak mau mengulangi kesalahan Portugal yang memberikan angin bagi Korsel untuk mengejar ketertinggalan seperti di laga sebelumnya. Hasilnya, satu gol lagi tercipta enam menit kemudian lewat tendangan penalti Neymar.

Brasil membuat gol ketiga lewat Richarlison di menit ke-29 sebelum Lucas Paqueta menambah jadi 4-0 di menit ke-36. Masuk di babak kedua, Korsel baru bisa memperkecil skor jadi 1-4 lewat Paik Seung-ho di menit ke-76.

Kehadiran Neymar, yang bermain 80 menit sebelum digantikan Rodrygo, memang membuka ruang lini pertahanan Korsel. Pergerakannya di lapangan membuat pemain lawan fokus mengawalnya dan membuat pemain Brasil lainnya bisa lebih bebas bergerak membuka peluang.

Neymar, yang juga menciptakan satu assist untuk gol Vinicius, dinobatkan sebagai man of the match di laga itu. Dia membuat 86 umpan sukses, 64 kali menyentuh bola, dan lima kali memenangi duel.

"Waktunya telah tiba untuk melangkah lebih jauh. Kami bermimpi memenangkan gelar, itu sudah jelas, tetapi kami harus melangkah selangkah demi selangkah," kata Neymar mengacu pada kekalahan menyakitkan Brasil dari Jerman 1-7 di semifinal Piala Dunia 2014 dan perempat final empat tahun lalu dari Belgia 1-2.

"Ini adalah pertandingan keempat. Masih ada tiga pertandingan lagi tetapi kami siap. Pikiran kami terfokus untuk memenangkan gelar," jelasnya.

Neymar sempat khawatir dengan kondisi cederanya yang memaksanya absen di dua laga beruntun. Namun, semuanya sirna ketika dia mencetak gol dan mampu membawa Brasil ke perempat final melawan Kroasia, 9 Desember mendatang.

“Saya sempat takut tidak bisa bermain lagi di Piala Dunia ini, tapi saya mendapat dukungan penuh teman-teman serta keluarga. Saya menjalani malam yang sulit usai cedera," ujar Neymar

"Saya sangat puas dengan penampilan saya, tetapi itu berarti kami selalu bisa meningkat," lanjutnya.

Sementara itu, pelatih Korsel Paulo Bento mengumumkan pengunduran dirinya usai laga melawan Brasil. Menjadi pelatih Ksatria Taeguk sejak 17 Agustus 2018, kontrak Bento sebenarnya baru berakhir pada 31 Desember 2022.

Akan tetapi, Bento mengatakan, keputusan ini bukan karena kekalahan dari Brasil. Semuanya sudah dipikirkan sejak September 2022. Dia mengucapkan terima kasih atas semua yang ia dapatkan selama menangani Korsel.

"Saya baru saja mengumumkan kepada para pemain dan presiden federasi bahwa ini (mundur) adalah keputusan yang saya ambil pada bulan September. Mulai sekarang dan seterusnya kita harus memikirkan masa depan. Saya akan beristirahat. Ke depan, kita akan melihat apa yang akan terjadi setelahnya,” katanya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT