06 December 2022, 10:30 WIB

Bierhoff Mundur dari Posisi Direktur Timnas Jerman


Basuki Eka Purnama |

DIREKTUR timnas Jerman Oliver Bierhoff mundur dua tahun lebih cepat dari seharusnya setelah tim Panser tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia untuk kali kedua secara beruntun. Hal itu diungkapkan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB), Senin (5/12).

Juara Piala Dunia empat kali itu tampil buruk di Piala Dunia 2022, termasuk kalah dari Jepang di laga pembuka.

Bierhoff dan DFB telah sepakat untuk mengakhiri kontrak mereka yang seharusnya baru akan berakhir pada 2024.

Baca juga: Hansi Mengaku Tidak ada Alasan Mundur dari Kepelatihan Jerman

Mantan striker, yang mencetak dua gol di final Piala Eropa 1996 kala Jerman terakhir kali menjadi juara turnamen itu, telah menjabat sebagai direktur timnas sejak 2004.

Bierhoff merupakan sosok berpengaruh kala bekerja sama dengan pelatih timnas mulai dari Juergen Klinsmann, Joachim Loew, dan kemudian Hansi Flick.

Presiden DFB Bernd Nueundorf dalam pernyataan resmi mengatakan Bierhoff telah memberikan pengabdian yang luar biasa untuk asosiasi sepak bola Jerman.

Meski penampilan Jerman di beberapa turnamen terakhir kurang apik, Bierhoff akan dikenang atas keberhasilan timnas Brasil menjadi juara Piala Dunia 2014.

"Bahkan di saat sulit, dia selalu memburu tujuan dan visinya. Dia meninggalkan tanda yang kuat di DFB," lanjutnya.

Tersingkirnya Jerman di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, membuat reputasi tim Panser tercoreng.

Empat tahun sebelumnya, Jerman juga tersingkir di babak penyisihan grup. Mereka juga terhenti di babak 16 besar Piala Eropa tahun lalu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT