04 December 2022, 16:59 WIB

Badai Cedera Berpotensi Ganggu Selecao


Dhika Kusuma Winata |

TIM Nasional Brasil menatap laga babak 16 besar menghadapi Korea Selatan di tengah badai cedera. Neymar, Danilo, dan Alex Sandro yang sebelumnya menderita cedera berkejaran dengan waktu untuk bisa pulih dan segera merumput kembali.

Jelang pertandingan melawan Korsel pada Selasa (6/12) dini hari WIB di Stadion 974, Doha, kabar buruk kembali menimpa skuad Selecao yang lagi-lagi kehilangan pemain yakni Gabriel Jesus dan Alex Telles. Keduanya dibekap cedera dan bahkan tak bisa tampil di sisa turnamen.

"Di turnamen seperti ini kondisi fisik semakin menuntut dan waktunya singkat. Ini adalah efek kumulatif dari pertandingan dan terkadang Anda tidak memiliki waktu pemulihan yang ideal," kata pelatih Brasil Tite.

Kehilangan sejumlah pemain utama di lini belakang dan depan membuat Tite harus memutar otak. Brasil masih memiliki opsi lain andaikata Neymar masih belum fit untuk tampil meski sudah menjalani latihan bersama skuad. Rodrygo kemungkinan akan menjadi opsi pertama mengisi posisinya.

Alex Sandro dan Danilo bakal digantikan dengan Marquinhos serta Dani Alves. Eder Militao juga berpotensi digeser sebagai bek sayap seperti pada laga melawan melawan Swiss.

"Dengan kembalinya dia (Neymar), seluruh tim akan meningkat. Saya harap dia kembali. Semua orang melihat betapa kami merindukannya dalam dua pertandingan terakhir. Saya pikir dia kembali akan membuat saya lebih baik," kata striker Brasil Richarlison.


Baca juga: Jepang Andalkan Strategi 'Supersub'


Di luar lapangan, persiapan Brasil juga diwarnai kabar muram sang legenda Pele yang berjuang melawan kanker kembali dirawat di rumah sakit. Suporter Brasil sempat membentangkan spanduk dengan pesan memberi semangat untuk Pele. Baik Tite dan para pemain Selecao yang berambisi mengincar trofi di Qatar pun termotivasi besar untuk memberikan penghormatan kepada Pele.

Laga 16 besar ini akan menjadi pertemuan pertama kedua tim di turnamen besar. Di atas kertas, Brasil lebih diunggulkan. Kedua tim sejauh ini tujuh kali bertemu hanya pada laga persahabatan dan Brasil mendominasi dengan enam kemenangan dan satu kali kalah. Pertemuan terakhir pada Juni lalu di Seoul, Brasil mengalahkan Son dan kawan-kawan 5-1.

Namun, Selecao tak boleh menganggap enteng Korsel yang lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Portugal. Korsel tetap akan mengandalkan Son Heung-min meski sejauh ini belum menorehkan gol. Namun, pemain-pemain lain seperti Hwang Hee-chan berpotensi menimbulkan kejutan.

"Masuk ke babak 16 adalah tujuan kami dan sekarang kami memiliki tujuan yang lebih tinggi dan kami akan melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut," ucap Son.

"Tidak ada yang tahu dunia sepak bola, terutama sekarang. Kami memiliki kesempatan untuk mengalahkan Brasil, kami akan melakukan yang terbaik dan mempersiapkan permainan terbaik kami," tukas pemain Tottenham Hotspur itu. (AFP/OL-16)

BERITA TERKAIT