04 December 2022, 15:16 WIB

Jepang Andalkan Strategi 'Supersub'


Dhika Kusuma Winata |

JEPANG menebar teror di Piala Dunia 2022 sebagai penakluk tim-tim besar Eropa. Skuad Samurai Biru kini dalam optimisme tinggi melakoni babak 16 besar menghadapi Kroasia pada Senin (5/12) malam di Stadion Al Janoub.

Sepanjang fase grup, strategi pemain pengganti alias 'supersub' Jepang terbukti ampuh menjadi penentu ketika menjungkalkan Jerman dan Spanyol. Tak ayal, kekuatan bangku cadangan Jepang patut diwaspadai Kroasia.

Salah satu yang menjadi supersub Jepang yakni Ritsu Doan. Striker Freiburg itu memainkan peran penting sebagai pemain pengganti.

Pada laga melawan Jerman, Doan hanya membutuhkan waktu empat menit setelah masuk untuk membobol gawang Manuel Neur. Ketika melawan Spanyol, dua menit setelah masuk dia mampu mencetak gol.

"Ini (pertandingan) 11 lawan 11 tapi sebagai pemain kita berbicara tentang kita bermain dengan 26 lawan 11. Aturan diubah untuk mengizinkan lima pemain pengganti dan saya rasa kami harus berterima kasih untuk itu. Kami memiliki pemain yang bisa mengubah permainan," kata Ritsu Doan.

Baca juga:  Jepang Berambisi Melangkah ke Delapan Besar

Tiga dari empat gol Jepang di fase grup dicetak oleh pemain pengganti. Pelatih Jepang Hajime Moriyasu pun banyak mendapat pujian atas strategi pergantian pemain dan perubahan taktiknya.

"Saya telah mencetak banyak gol setelah masuk sebagai pemain pengganti. Ketika di PSV Eindhoven saya mulai bermain lebih banyak sebagai pengganti dan saya tahu bagaimana bersiap untuk masuk," ucap Doan.

"Tentu saja sebagai pemain saya tidak senang memulai dari bangku cadangan, tetapi seperti yang dikatakan pelatih, kami harus bermain dengan 26 pemain di turnamen ini," imbuhnya.

Jepang mengincar target lolos ke delapan besar. Sejauh ini, Jepang sudah empat kali mencapai babak 16 besar tapi selalu tersisih. Edisi Qatar ini pun menjadi kesempatan emas mereka untuk menembus delapan besar pertama kalinya.

"Para pemain menunjukkan kepada kami pandangan yang berbeda dan baru untuk bisa bertarung di panggung dunia. Saya ingin membuat rekor baru dari delapan besar atau lebih baik dari itu," kata pelatih Jepang Moriyasu.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT