02 December 2022, 05:50 WIB

Cedera, Risiko di Lapangan Hijau


MI/M SOLEH |

SEPAK BOLA merupakan olahraga yang paling diminati di hampir seluruh dunia. Olahraga itu sangat disukai dari anak-anak hingga orang tua. Kepopuleran sepak bola menyebabkan banyak individu terjun untuk serius menekuni pekerjaan sebagai pemain.

Sepak bola merupakan olahraga yang mengandalkan kecepatan, kekuatan, dan kecerdasan serta yang paling penting, sepak bola memerlukan kaki yang kuat. Sepak bola juga melibatkan kontak fi sik yang tinggi sehingga sangat berisiko menimbulkan cedera. Pemain sepak bola bisa mengalami cedera ringan, seperti memar, lecet, atau keseleo, hingga cedera yang berat, seperti gegar otak, cedera hamstring, dan cedera ligamen.

Pemain berkelas dunia pun tidak terlepas dari cedera. Pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski pernah mengalami cedera.

Di Piala Dunia 2022, ajang olahraga terbesar yang berlangsung di Qatar saat ini, beberapa pemain sudah mengalami cedera. Penyerang Brasil Neymar da Silva Santos Junior yang lebih dikenal dengan Neymar Jr, misalnya, cedera kaki, juga penyerang Inggris Harry Kane, dan pemain belakang Prancis Lucas Hernandez. Penanganan yang kurang baik dapat menghambat performa pemain di lapangan hijau.

BERITA TERKAIT