01 December 2022, 20:00 WIB

Taeguk Warriors Ingin Bangkit Lawan Portugal


Akmal Fauzi |

KOREA Selatan tidak bisa mengharapkan simpati dari Portugal pada Jum'at (2/12) malam WIB yang bertekad meraih posisi teratas Grup H Piala Dunia Qatar 2022. Taeguk Warriors--julukan Korsel--harus bisa mengalahkan Cristiano Ronaldo dkk seperti yang mereka lakukan pada Piala Dunia 2002 saat mereka menjadi tuan rumah untuk lolos ke babak 16 besar.

Pemain timnas Korsel sangat emosional ketika mereka kalah dalam drama lima gol melawan Ghana yang membuat peluang mereka lolos cukup berat selain harus mengalahkan Selecao das Quinas--julukan Portugal-- di laga terakhir.

Striker Korsel, Son Heung-min menangis setelah kekalahan 2-3 dari Ghana dan pelatih Paulo Bento mendapat kartu merah karena berdebat dengan wasit setelah dia meniup peluit akhir saat timnya akan melakukan sepak pojok.

Bento tidak akan berada di bangku cadangan melawan Portugal. Asisten pelatih Sergio Costa mengatakan Korsel akan bangkit kembali dari kekecewaan mereka untuk mengalahkan Portugal.

Baca juga: Argentina tak Anggap Remeh Australia

"Itu akan membuat kami lebih baik, bersatu. Kami akan menunjukkan semua kualitas kami," kata Sergio Costa.

Pada Piala Dunia 20 tahun lalu, Korsel mengalahkan 10 pemain Portugal. Hasil tersebut membuat Portugal tidak lolos ke babak berikutnya sementara Korea melaju hingga ke semifinal.

Namun, skuad asuhan Fernando Santos sudah menyegel tiket babak 16 besar di Qatar. Portugal mengincar finis di puncak grup agar bisa menghindari juara Grup G yang kemungkinan diisi Brasil di babak 16 besar. "Kami akan mengejar posisi teratas, dan bukan hanya karena Brasil," kata Santos.

Sementara itu kapten tim Cristiano Ronaldo absen dalam latihan bersama jelang laga Korsel. Belum diketahui dengan pasti apakah Ronaldo bisa tampil atau tidak dalam laga melawan Korsel.

Ketiadaan Ronaldo dalam latihan di pusat latihan Al Shahaniya berbarengan dengan absennya tiga pemain lain, Nuno Mendes, Danilo dan Otavio yang sedang memulihkan cedera. (AFP/OL-4)

BERITA TERKAIT