01 December 2022, 13:18 WIB

Messi: Kegagalan Penalti Membuat Kami Lebih Kuat


Dhika kusuma winata |

SANG kapten Argentina Lionel Messi mempersembahkan kemenangan La Albiceleste atas Polandia sekaligus tiket ke 16 besar Piala Dunia Qatar untuk mendiang legenda mereka Diego Maradona yang tepat berpulang dua tahun lalu.

Messi yakin Maradona akan sangat bahagia setelah Argentina berhasil keluar dari lubang jarum melaju ke babak 16 besar berkat kemenangan 2-0 atas Polandia.

Messi kini melampaui torehan Maradona sebagai pemain yang mencatatkan penampilan terbanyak (22 kali) untuk Argentina di Piala Dunia.

"Saya baru menyadarinya baru-baru ini karena saya tidak mengetahuinya sebelumnya. Senang bisa mencapai rekor seperti ini. Saya pikir Diego (Maradona) akan sangat bahagia untuk saya karena dia selalu menunjukkan banyak kasih sayang kepada saya, dia selalu senang ketika segalanya berjalan baik bagi saya," tutur Messi.

Pada laga terakhir Grup C melawan Polandia yang berlangsung di Stadion 974, Kamis (1/12) dini hari itu, Messi sempat gagal mengeksekusi penalti lantaran penyelamatan gemilang Wojciech Szczesny.

Messi mengakui frustrasi penaltinya tak masuk karena La Albiceleste wajib menang untuk lolos.

Argentina yang tampil mendominasi permainan akhirnya baru bisa memecah kebuntuan lewat gol Alexis Mac Allister di awal babak kedua disusul gol Julian Alvarez pada menit ke-67 yang mengunci kemenangan.

Baca juga: Argentina dan Polandia Melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022

"Kami mencapai tujuan pertama kami, yaitu keluar dari grup setelah memulai dengan cara yang kami lakukan (kekalahan mengejutkan 2-1 melawan Arab Saudi)," kata Messi.

"Saya benar-benar frustrasi gagal mengeksekusi penalti, karena saya tahu bahwa sebuah gol bisa mengubah keseluruhan pertandingan, itu membuat Anda bermain dengan cara yang berbeda. Tapi saya pikir dari penalti yang saya lewatkan, tim menjadi lebih kuat."

Di Qatar, Messi bertekad mengejar trofi Piala Dunia demi mengukuhkan warisannya sebagai salah satu pemain terhebat Argentina. Trofi Piala Dunia menjadi satu-satunya yang dia impikan demi menyamai torehan Maradona.

"Kami tahu bahwa sekarang semuanya akan sangat sulit. Siapa pun lawannya, itu akan rumit. Kami telah melihat baru-baru ini, bahwa lawan mana pun dapat memainkan permainan yang bagus dan menang," ucap Messi.

Di babak 16 besar, Argentina akan berhadapan melawan Australia pada Sabtu (3/12). (OL-4)

BERITA TERKAIT