30 November 2022, 05:03 WIB

Gol Tunggal Pulisic Pastikan AS Tekuk Iran


Basuki Eka Purnama |

CHRISTIAN Pulisic memastikan Amerika Serikat (AS) melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah Sam's Army menang 1-0 atas Iran di laga Grup B, Rabu (30/11) dini hari WIB.

Penyerang Chelsea itu mencetak gol di laga hidup mati di Grup B itu pada menit ke-38 sehingga memastikan AS akan berhadapan dengan juara Grup A Belanda di laga 16 besar, Sabtu (3/12).

"Babak pertama menunjukkan apa yang bisa kami lakukan sebagai tim sepak bola dan babak kedua menunjukkan determinasi kami," ujar pelatih timnas AS Gregg Berhalter.

Baca juga: Kalahkan Wales, Inggris Melaju ke 16 Besar Sebagai Juara Grup B

"Para pemain bekerja keras dan bersaing untuk merebut bola, sehingga kami tidak terkalahkan di babak penyisihan grup," lanjutnya.

Pulisic harus digantikan saat paruh waktu setelah mengalami cedera saat menjebol gawang Iran.

"Saya tidak bisa berbicara cukup untuk memuji penampilan Christian. Cederanya ini mengkhawatirkan. Namun, kami tetap harus bersiap diri melawan Belanda," ungkap Berhalter.

Suasana antara kedua kubu memanas menjelang laga pamungkas Grup B itu dengan Federasi Sepak Bola Iran menuntut FIFA untuk menjatuhkan sanksi kepada Federasi Sepak Bola AS karena menampilkan bendera Iran yang telah dimodifikasi di akun media sosial mereka.

Namun, di tengah atmosfer yang panas di Stadion Al Thumama, laga berlangsung tanpa kontroversi saat AS sukses membalaskan kekalahan mereka di Piala Dunia 1998 dari Iran dan mendepak tim Asia itu dari Piala Dunia 2022. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT