29 November 2022, 23:57 WIB

La Albiceleste Tetap Waspada


Dhika Kusuma Winata |

ARGENTINA dan Polandia menghadapi duel hidup mati pada laga terakhir Grup C di Stadion 974, Doha, Kamis (1/12) dini hari. Pertarungan sengit akan tersaji lantaran kedua tim sama-sama butuh poin penuh untuk menggaransi tiket ke babak 16 besar.

Laga itu juga akan menjadi pertaruhan megabintang di kedua kubu antara Lionel Messi dan Robert Lewandowski untuk mengantarkan timnya melaju. Pasalnya, Piala Dunia edisi ini akan menjadi yang terakhir baik untuk Messi maupun Lewandowski.

Skuad La Albiceleste, julukan Argentina, berjanji bakal habis-habisan sembari memasang kewaspadaan tinggi. Pasalnya, Polandia yang sementara ini di puncak klasemen dengan empat poin hanya membutuhkan hasil imbang.

Tekanan besar akan berada di kubu Argentina sebagai tim yang difavoritkan juara. Sang pelatih Lionel Scaloni bersiap kemungkinan perlawanan sengit dari Lewandowski dan kawan-kawan. Ia menegaskan Argentina tak mau terlena atas kemenangan krusial dari Meksiko di laga kedua lalu.

"Polandia sangat sulit, semua orang bermain berbeda (melawan Argentina) dan mereka tidak hanya berubah untuk Leo (Messi), tetapi untuk semua pemain lain dan untuk menghormati Argentina," ujarnya.

Sempat dikabarkan bermasalah dengan kebugarannya, Messi akan tetap menjadi tumpuan di lini depan bersama Lautaro Martinez dan Angel Di Maria. Julian Alvarez dan Paulo Dybala juga dalam kondisi siap dimainkan untuk menambah daya gedor.

Masalah di lini belakang yang berbuah petaka kekalahan dari Arab Saudi di laga pembuka juga mulai tercepahkan. Duet Nicolas Otamendi dan Lisandro Martinez di posisi bek tengah akan kembali diturunkan.

Di kubu Polandia, tiga pemain penting yakni Lewandowski, kiper Wojciech Szczesny dan gelandang Piotr Zielinski bakal menjadi tumpuan. Lewandowski yang sudah menemukan momentumnya ketika mencetak gol perdana ke gawang Arab bertekad mati-matian di laga terakhir grup. Bermain efisien dan minim kesalahan bakal menjadi kunci bagi Polandia.

"Di pertandingan pertama saya gagal mengeksekusi penalti. Saya belajar dari kesalahan. Kami semua di sini memberikan yang terbaik untuk ini," kata Lewandowski.

Baca juga: Laga Wajib Menang Argentina

Perebutan tiket ke 16 besar di Grup C juga dibidik Arab Saudi yang pada waktu sama menghadapi Meksiko di Stadion Lusail. Skuad asuhan Herve Renard berpeluang lolos jika menang dan Argentina tergelincir.

Renard meminta warga Saudi, yang secara geografis bertetangga dengan Qatar, untuk datang membanjiri stadion. Dukungan kepada Saudi diprediksi juga bakal datang dari suporter sesama negara Teluk.

"Kami butuh suporter untuk membuat sejarah. Saya ingin stadion menjadi hijau meski kami mungkin akan memakai jersey putih tapi itu tidak penting. Kami ingin dukungan dari suporter," kata Renard.

Sementara itu, peluang Meksiko tergolong berat karena harus mengalahkan Saudi dengan selisih tiga gol sembari berharap Argentina terjungkal.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT