28 November 2022, 20:53 WIB

Berbagi Poin, Kamerun dan Serbia Jaga Asa ke Babak Selanjutnya


Rifaldi Putra Irianto |

HASIL imbang pertandingan Kamerun melawan Serbia 3-3 pada laga lanjutan fase Grup G Piala Dunia 2022, membuat kedua tim masih memiliki harapan untuk menembus babak 16 besar kompetisi sepak bola terakbar di dunia itu.

Pertarungan antara Kamerun vs Serbia berlangsung sengit di Al Janoub Stadium, Qatar, Senin (28/11). Serbia awalnya berhasil memimpin 3-1 pada menit ke-53, namun secara mengejutkan dua gol berhasil dilesatkan Kamerun dengan jarak gol kedua dan ketiga hanya bertempo 3 menit. Membuat kedudukan imbang 3-3.

Strahinja Pavlovic (45+1'), Sergej Milinkovic-Savic (45+3') dan Aleksandar Mitrovic (53') menjadi penyumbang gol untuk timnas Serbia. Sementara tiga gol untuk Singa Gigih (The Indomitable Lions) -julukan timnas Kamerun- disumbangkan oleh Jean-Charles Castelletto (29'), Vincent Aboubakar (63') dan Eric Maxim Choupo-Moting (66').

"Dalam kompetisi ini Anda harus menunjukkan keinginan untuk menang," kata Aboubakar terkait kebangkitan Kamerun, dikutip dari Skysport, Senin (28/11).

"Yang paling penting adalah memberikan kegembiraan kepada masyarakat Kamerun. Yang penting adalah pola pikir dan semangat kolektif. Kami memainkan permainan yang hebat hari ini," imbuhnya.

Dalam pertandingan, Serbia sejatinya nyaris merebut kemenangan di mana gol milik Aboubakar sempat dicek VAR karena terindikasi offside. Namun setelah dilakukan peninjauan, wasit menyatakan bahwa gol milik Vincet Aboubakar sah.

Baca juga: Tensi Politik Hantui Duel Iran dan AS di Piala Dunia

"Rekan setim saya memainkan babak pertama yang hebat meskipun ada beberapa kesalahan kecil. Kami merasa mereka (Serbia) goyah dan sedikit lelah. Ketika saya masuk, saya mencoba memanfaatkannya sebaik mungkin," jelas Aboubakar.

Dengan Kamerun dan Serbia yang sama-sama mencatatkan 1 poin di klasemen, kini kedua tim bersiap untuk laga pamungkas pada Sabtu (3/11). Pada laga itu, Serbia bakal menghadapi Swiss, sedangkan Kamerun bakal bersua Brasil.

Baik Kamerun maupun Serbia harus memetik kemenangan di pertandingan itu jika ingin menembus 16 besar. Jika kedua tim meraih kekalahan atau imbang, mereka dipastikan tidak memiliki poin cukup untuk menduduki peringkat satu atau dua di klasemen dan gagal melaju ke babak 16 besar.

Menghadapi Brasil di partai pamungkas tentu bukan hal mudah bagi Kamerun, mengingat saat ini Brasil merupakan tim dengan peringkat nomor satu di dunia. Sementara Kamerun berada di peringkat 43 dunia.

Berbicara terkait pertandingan melawan Brasil, Pelatih Kamerun Rigobert Song menyatakan selalu ada peluang untuk skuadnya merebut kemenangan melawan tim Samba. Meskipun secara peringkat FIFA Brasil jauh lebih diunggulkan untuk menang.

"Sangat mungkin untuk mengalahkan Brasil. Kami percaya pada diri kami sendiri, kami tidak datang ke sini hanya untuk sekadar menjadi tim pelengkap. Kamerun masih memiliki kontribusi untuk turnamen ini," tegas Song. (Skysports/OL-4)

BERITA TERKAIT