28 November 2022, 07:15 WIB

Pelatih Serbia Tolak Tanggapi Penyelidikan FIFA Soal Bendera


Basuki Eka Purnama |

PELATIH timnas Serbia Dragan Stojkovic, Minggu (27/11), menolak berkomentar terkait penyelidikan FIFA soal bendera negara itu saat tim berjuluk Elang itu bersiap untuk laga krusial Piala Dunia 2022 melawan Kamerun.

FIFA melancarkan penyelidikan setelah mendapatkan laporan dari Federasi Sepak Bola Kosovo terkait versi bendera Serbia yang digantung di ruang ganti timnas Serbia sebelum laga Piala Dunia 2022 melawan Brasil.

Bendera itu menampilkan peta yang mencakup Kosovo sebagai bagian dari Serbia disertai slogan, "Tidak akan pernah menyerah".

Baca juga: Pelatih Pastikan Serbia tidak Takut dengan Brasil

Ketika ditanya mengenai bendera itu dalam konferensi pers menjelang laga melawan Kamerun, Senin (28/11), Stojkovic, memjawab, "No comment, pertanyaan berikutnya."

Kosovo merupakan mantan provinsi Yugoslvaia dengan penduduk mayoritas etnik Albania. Wilayah itu menyatakan kemerdekaan dari Sebia pada 2008 namun hal itu tidak diakui Beograd.

Kosovo menjadi bagian dari FIFA dan UEFA pada 2016.

Pada Jumat (25/11), Menteri Olahraga Kosovo Hajrulla Ceku menyebut bendera Serbia itu memalukan dan mengklaim adanya bendera itu mengirimkan pesan kebencian, xenofonia, dan genosida.

Bagi timnas Serbia, kekalahan dari Kamerun akan mengakhiri peluang mereka lolos ke babak 16 besar. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT