27 November 2022, 21:22 WIB

Jepang Masih Pede di Laga Terakhir Melawan Spanyol


Akmal Fauzi |

JEPANG melewatkan kesempatan untuk memastikan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalami kekalahan mengejutkan dari Kosta Rika 0-1 di Stadion Ahmed bin Ali, Minggu (27/11) malam WIB. Memasuki pertandingan dengan percaya diri menyusul kemenangan atas Jerman, wakil Asia itu justru tertinggal lewat gol Keysher Fuller jelang akhir pertandingan.

Dalam suhu 32 derajat Celcius di Stadion Ahmad Bin Ali, Jepang langsung menyerang dengan mendapatkan sepak pojok dalam waktu 30 detik di awal babak untuk menandakan ambisi mereka lolos ke babak 16 besar. Namun, serangan itu selalu dipatahkan digaris pertahanan Kosta Rika.

Buntu di babak pertama, pelatih Jepang, Hajime Moriyasu melakukan perubahan dengan memasukkan Takuma Asano. Kombinasi serangan Jepang mulai lebih tajam. Namun, kecemerlangan penjaga gawang Keylor Navas yang kebobolan tujuh gol saat menghadapi Spanyol membuat frustasi lini depan Jepang.

Saat tim berjuluk Samurai Biru terus-terusan melancarkan serangan, mereka kebobolan pada menit ke-81 lewat Keysher Fuller yang memanfaatkan assist dari Yeltsin Tejeda.

Jepang terpaksa harus melawati laga terkahir melawan juara Piala Dunia 2010 Spanyol pada Jum'at (2/12) dini hari WIB untuk menentukan nasib di Qatar.

"Tentu saja Spanyol akan sulit tapi ada peluang bagus bagi kami untuk menang. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik dan akan menghadapi pertandingan dengan percaya diri," kata pelatih Jepang, Hajime Moriyasu.

Kemenangan Kosta Rika semakin memanaskan persaingan di Grup E. Kosta Rika kini menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022, dengan tiga poin, sama dengan Jepang, yang ada di urutan kedua. Partai lain di grup ini, Spanyol vs Jerman akan menjalani laga keduanya pada Senin (28/11) dinihari WIB.

"Kami belum mati kemarin dan sekarang kami masih hidup. Kami sekarang harus memikirkan pertandingan berikutnya dan menerapkan tekanan yang sama," kata pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez menanggapi peluang melawan Jerman di laga terakhir, Grup E Jum'at (2/12) dini hari WIB. (OL-8)

BERITA TERKAIT