25 November 2022, 19:54 WIB

Laga Wajib Menang Argentina


Dhika Kusuma Winata |

ARGENTINA dihadapkan pada laga wajib menang menghadapi Meksiko pada laga kedua Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Minggu (27/11) dini hari. Tekanan besar menyelimuti Lionel Messi dan kawan-kawan setelah kekalahan mengejutkan di tangan Arab Saudi pada laga pembuka.

Di Grup C, Argentina yang menjadi favorit justru berada di posisi terbawah klasemen sementara dan harus memetik poin penuh untuk menjaga kans ke babak selanjutnya.

Meski begitu, edisi 1990 bisa menjadi inspirasi skuad asuhan Lionel Scaloni. Argentina kala itu juga majal di laga pertama kalah dari Kamerun namun akhirnya mampu mencapai babak final.

Melawan Meksiko, Scaloni diprediksi akan melakukan perubahan berkaca dari buruknya strategi di laga pertama. Dia diprediksi bakal menurunkan bek Manchester United Lisandro Martinez langsung sebagai starter untuk menutup celah di lini belakang.

Martinez yang penampilannya tengah naik di MU pada laga pembuka baru masuk di babak kedua menggantikan Christian Romero setelah kebobolan dua gol balasan Arab Saudi. Dia akan dipasangkan dengan Nicolas Otamendi di posisi bek tengah.

Baca juga: Ulul Albab, Bocah Indonesia yang jadi Pendamping Ronaldo

Penyerang muda Manchester City Julian Alvarez juga berpotensi dimainkan sebagai starter untuk menambah kreatifitas dan daya dobrak lini depan La Albiceleste. Di laga pertama, lini serang Argentina buntu lantaran garis pertahanan tinggi yang diterapkan Arab.

"Kami tidak berharap untuk memulai dengan cara ini. Kami perlu bersiap untuk apa yang akan datang. Kami perlu menang hanya itu pilihannya dan itu tergantung pada kami. Kami harus kembali ke fondasi kami," ujar Messi.

Hanya saja, kebugaran Messi belakangan ini menjadi tanda tanya. Jelang laga melawan Meksiko dia sempat berlatih terpisah terkait masalah fisik yang dideritanya sejak pertandingan pemanasan melawan UEA sebelum Piala Dunia bergulir.

Messi meski tak cedera tiba di Qatar dalam kondisi kurang prima karena padatnya jadwal tanding di klubnya Paris Saint-Germain.

Dari dua pertemuan terakhir di Piala Dunia, Argentina selalu mampu menaklukkan Meksiko. Empat pertandingan persabatan terakhir antara kedua tim juga berakhir tiga kemenangan untuk Argentina dan satu kali imbang.

Pelatih Meksiko Tata Martino menyiapkan strategi berbeda untuk berupaya mematahkan catatan buruk ketika bertemu La Albiceleste. Pelatih yang juga kelahiran Argentina itu juga bakal melakukan perubahan pada starting XI-nya untuk peruntungan mencuri poin.

Striker Rogelio Funes Mori digadang-gadang akan menjadi starter. Pemain klub Liga MX Monterrey itu menjadi nama yang potensial memberi ancaman.(AFP/Marca/ESPN)

BERITA TERKAIT