25 November 2022, 17:11 WIB

Miroslav Klose Tersubur Dalam Urusan Mencetak Gol Di Piala Dunia


Widhoroso |

SEJAK digelar pertama kali pada 1930, ajang Piala Dunia terus melahirkan rekor-rekor. Salah satunya adalah pemain tersubur dalam urusan mencetak gol.

Hingga kini, rekor tersebut dipegang mantan striker timnas Jerman, Miroslav Klose. Sejak melakoni debut pada Piala Dunia pada 2002, Klose terus menjadi andalan skuat Jerman hingga Piala Dunia 2014 dan meraih sepatu emas sebagai pencetak gol terbanyak di edisi 2006. 

Total Klose telah mengoleksi 16 gol dalam 24 laga. Klose mencetak gol teraknya di Piala Dunia saat membawa Jerman menang 7-1 atas Brasil di semifinal Piala Dunia 2014.

Di bawah Klose, bertengger nama mantan striker timnas Brasil, Ronaldo. Pemain berjuluk Il Phenomenom tersebut mengemas 15 gol dari 19 pertandingan di empat edisi Piala Dunia. Ronaldo menjadi top skor pada 2002 dengan mencetak delapan gol sekaligus membawa Brasil menjadi juara.

Posisi tiga ditempati legenda timnas Jerman, Gerd Muller, yang mengemas 14 gol hanya dalam dua edisi Piala Dunia (1970 dan 1974). Ia, bersama Just Fontaine dan Sandor Kocsis, adalah satu-satunya sekelompok pemain yang mampu mencetak lebih dari 10 gol Piala Dunia dalam satu edisi.

Legenda Brasil, Pele, menempati adalah topskor sepanjang masa kelima Piala Dunia, dengan 12 gol dalam empat edisi. Namun, Pele tidak pernah sekalipun meraih sepatu emas. (Goal/OL-15)

Daftar Topskor Piala Dunia 
16 gol: Miroslav Klose (Jerman) 
15 gol: Ronaldo (Brasil) 
14 gol: Gerd Muller (Jerman Barat)
13 gol: Just Fontaine (Prancis)
12 gol: Pele (Brasil)
11 gol: Sandor Kocsis (Hongaria), Jurgen Klinsmann, Jerman
10 gol: Helmut Rahn (Jerman Barat), Gary Lineker (Inggris), Gabriel Batistuta (Argentina), Teofilo Cubillas (Peru), Thomas Muller (Jerman), Grzegorz Lato (Polandia)
 

BERITA TERKAIT